Breaking News:

Wagub Jawa Timur Emil Dardak Serahkan 16 SK Penunjukan Plh Bupati Wali Kota, Berikut Daftarnya

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyerahkan 16 SK penunjukan Plh Bupati Wali Kota. Berikut daftar lengkapnya!

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyerahkan Surat Keputusan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terkait penunjukan Sekda Kabupaten Kota sebagai Plh Bupati dan Plh Wali Kota di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/2/2021) malam.  

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyerahkan Surat Keputusan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terkait penunjukan Sekda Kabupaten Kota sebagai Plh Bupati dan Plh Wali Kota di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/2/2021) malam. 

Penunjukan Plh Bupati dan Plh Wali Kota ini dilakukan menindaklanjuti kebijakan dari Kementerian Dalam Negeri yang memutuskan untuk menunda pelantikan bupati/wali kota terpilih dan masa berakhirnya jabatan wali kota dan bupati di Jawa Timur. 

Dalam sambutannya, Wagub Emil menyampaikan, pasca Pilkada Serentak 2020, pasangan calon kepala daerah terpilih tidak bisa dilakukan sesuai dengan akhir masa jabatan pada tanggal 17 Februari 2021. 

Sehingga sesuai rapat dengan Ditjen Otda diminta untuk melakukan penunjukan Pelaksana Harian Bupati dan Pelaksana Harian Wali Kota bagi daerah yang akhir masa jabatannya di tanggal 17 Februari 2021. 

"Karena dari 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak, ada sebanyak 132 daerah yang mengajukan sengketa gugatan hasil Pilkada. Hampir setengahnya. Dan di Jatim ada tiga daerah yang sengketa, ada Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Lamongan," kata Emil. 

Baca juga: Tinjau Tanah Longsor di Nganjuk, Gubernur Jatim Khofifah Minta Pencarian Korban Hilang Dipercepat

Baca juga: Sinyal Positif Keberhasilan PPKM di Jawa Timur: Zona Merah Covid-19 Tinggal Kabupaten Jombang

Sesuai perkembangan, ada beberapa daerah yang putusan MK-nya sudah keluar, namun ada pula yang belum. Yang kemudian bagi yang sudah akan dilanjutkan dengan penerbitan surat keputusan KPU terkait pasangan calon kepala daerah terpilih.

Atas kondisi itu maka secara nasional, bupati/wali kota yang akhir masa jabatannya berakhir 17 Februari 2021, akan dilakukan pelantikannya di akhir Februari 2021. 

"Dari 19 daerah di Jatim yang melaksanakan Pilkada Serentak, 17 daerah yang akhir masa jabatan kepala daerahnya di tanggal 17 Februari 2021. Maka hari ini kita menyerahkan 16 SK penunjukan sekda kabupaten/kota sebagai Plh Bupati dan Plh Wali Kota," tegas Emil. 

Sedangkan sisanya, satu daerah dijabat oleh penjabat bupati yaitu Kabupaten Sidoarjo yang masa berlakunya sampai dilantik kepala daerah definitif. Kemudian untuk Kabupaten Pacitan akhir masa jabatannya masih tanggal 4 April 2021, dan Kabupaten Tuban akhir masa jabatannya tanggal 20 Juni 2021. 

Baca juga: Pemprov Jatim Gelontor Hibah Rp 9 M untuk Museum SBY, Demokrat: Wisata Pacitan Akan Ikut Terdongkrak

Baca juga: Gubernur Jatim Khofifah Dorong Vaksinasi Covid-19 di Bangkalan Madura Dikebut

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved