Breaking News:

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Polisi-TNI Lumajang Bersihkan Sungai Jalan Jendral Ahmad Yani

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Polisi-TNI di Lumajang bersih-bersih sekitaran sungai Jalan Jendral Ahmad Yani, Minggu (21/2/2021).

SURYA/TONY HERMAWAN
Anggota polisi & TNI di Lumajang saat membersihkan sampah di sungai sekitaran Jalan Jendral Ahmad Yani, Minggu (21/2/2021). 

Reporter: Tony Hermawan | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap 21 Februari, jajaran anggota Polres Lumajang bersama TNI setempat melakukan bersih-bersih sampah yang berada di sekitaran sungai Jalan Jendral Ahmad Yani, Minggu (21/2/2021).

Dengan menggunakan baju olahraga serta sarung tangan berwarna kuning, para anggota  saling gotong royong memunguti sampah rumah tangga yang ada di sungai.

AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, selain untuk memperingati HPSN, kegiatan bersih-bersih sampah juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Baca juga: Curahan Hati Siswa TK Pasuruan Kangen Ibu Guru, Dewan Dorong Pertimbangkan Sekolah Tatap Muka

Baca juga: Harga Cabai Rawit di Ponorogo Naik Hingga Dua Kali Lipat: Banyak Yang Busuk

“Secara global memang tidak banyak sampah, namun tetap ada titik-titik yang terdampak tentunya ini harus ditanggulangi biar tidak terjadi sampah,” kata Eka, Minggu (21/2/2021).

Sementara dalam kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf Andi A Wibowo berharap, melalui aksinya ini bisa dicontoh oleh semua pihak termasuk masyarakat agar mereka juga menjaga kebersihan lingkungan di wilayahnya masing-masing.

 “Sampah-sampah itu kan sebenarnya bisa didaur ulang, maka itu harus ada contoh biar masyarakat tergerak,’’ ujarnya.

Untuk diketahui, di Lumajang sendiri, persoalan sampah telah diatur dalam Peraturan Bupati Lumajang Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pembatasan Sampah Plastik Sekali Pakai. 

Pelaksanaannya pun sudah mulai gencar diterapkan di berbagai sektor usaha retail termasuk restoran, perhotelan hingga pelayanan fasilitas umum.

Sementara terkait pembatasan penggunaan sampah plastik di masyarakat, hingga kini forkopimda setempat masih terus lakukan sosialisasi.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved