Breaking News:

Terbongkarnya Kewalian Gus Baha

Kita ketahui, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dikenal sebagai ulama yang sederhana, tapi kealimannya (pengetahuan agama)

yoni Iskandar/Tribunjatim
Gus Baha saat berziarah ke makam Kakeknya KH M Shiddiq di Jember 

Penulis : Yoni Iskandar | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kita ketahui, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dikenal sebagai ulama yang sederhana, tapi kealimannya (pengetahuan agama) tidak pernah diragukan.

Secara nasab (keturunan), Gus Baha adalah putra seorang ulama ahli Al Quran bernama KH Nur Salim Al Hafizh dari Narukan, Kragan, Rembang, Jawa Tengah. Sebuah desa di pesisir utara Pulau Jawa.

Pengajian KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha sudah banyak tersebar di sosial media Whatsapp, Facebook, Twitter, Youtube, Google, dan radio.

Bahkan di YouTube saat ini banyak ditemukan video pengajian dari para ulama, termasuk materi pengajian dari KH Ahmad Baha’uddin Nursalim, atau yang lebih akrab disapa Gus Baha.

Santri kesayangan KH Maimoen Zubair ini ternyata punya kecerdasan yang sangat luar biasa dan sangat alim. Gus Baha bisa dibilang kecipratan barokah Waliyulloh.

Ceritanya dulu ketika Gus Baha saat masih kecil. Gus Baha sering kali diajak oleh ayahandanya,KH Nur Salim untuk sowan atau silaturrahmi ke ulama-ulama terkenal, baik di Lasem, Jawa Tengah maupun ke Ulama-ulama Jawa Timur, seperi KH hamid Pasuruan dan lain-lain.

Salah satu ulama yang disowani (dikunjungi) KH Nur Salim dengan mengajak putaranya yakni Gus Baha waktu kecil yakni seorang ulama terpandang, Waliyullah KH Hamid Baidhowi, Lasem.

Saat itu KH Hamid Baidhowi, ketika melihat Gus Baha, KH Hamid spontan dawuh kepada ayahanda Gus Baha KH Nur Salim,

”Anakmu besok sing bakale paling ngalim yo cah iki, ” tutur KH Hamid Baidhowi sambil menunjuk ke arah Gus Baha.

Halaman
1234
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved