Breaking News:

Berita Ponorogo

Kartini Masa Kini Menurut Jathil Mala Kitty Ponorogo: Jangan Kalah dengan Pandemi Covid-19

Makna kartini masa kini menurut Jathil Mala Kitty di Ponorogo: Jangan kalah dengan pandemi covid-19 (virus Corona).

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Pelaku Jathil di Ponorogo, Kumala atau Mala Kitty, 2021. 

Reporter: Sofyan Arif Candra | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Momentum Hari Kartini dijadikan sebagai semangat baru bagi para pelaku jathil di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Menurut Kumala atau yang akrab disapa Mala Kitty, selama pandemi Covid-19 (virus Corona) ini, pagelaran reog dan jathil sangat sepi.

Sehingga membuat pelaku seni harus memutar otak agar bisa bertahan hidup, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kita harus mencontoh semangat dan perjuangan Kartini agar tidak kalah dengan virus Covid-19 ini," kata Mala, Rabu (21/4/2021).

Menurut Mala, siapa saja bisa berperan aktif memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, serta menjaga pola hidup sehat.

Menjadi seorang seniman, menurut Mala, bukan hanya sekadar pekerjaan untuk mencari makan, tapi juga punya tugas yang mulia untuk melestarikan budaya Ponorogo.

Baca juga: PT KAI Minta Lahannya yang Terpakai Face Off Disewa, Pemkab Ponorogo: Kita Sesuaikan Ketentuan

Baca juga: Aktivis Edukasi Satwa Liar Meminta Bupati Melarang Pertunjukan Topeng Monyet di Tulungagung

"Semangat perempuan Kartini bisa kita contoh dengan tetap melestarikan budaya, khususnya kesenian reyog obyog dengan terus menggali potensi dari berbagai sumber. Baik melalui buku tertulis maupun pelaku yang masih ada," lanjutnya.

Selama pandemi ini, Mala sendiri juga berusaha tetap produktif saat berada di rumah, apalagi Mala juga baru saja menikah.

"Jadi (kesibukannya) sekarang menjadi ibu rumah tangga untuk sementara, sama bantu-bantu ibu jualan," terang perempuan asal Kecamatan Mlarak ini.

Baca juga: Satlantas Polres Ponorogo Tindak di Tempat Kendaraan ODOL, Rawan Sebabkan Kecelakaan

Baca juga: Hendak Memanen Padi, Pria di Blitar Kaget Lihat Tetangganya Tewas Terlilit Kabel, Ada Luka Bakar

Lebih lanjut, menurut Mala, Kartini masa kini adalah sosok kartini yang bisa memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya, berdikari tinggi untuk selalu berusaha mewujudkan persamaan hak perempuan.

"Kartini sekarang ini sudah sangat jauh berbeda dengan Kartini pada masa lalu, yang menjadikannya selalu eksis hingga saat ini adalah perjuangan yang selalu ada untuk bisa meraih cita dan asa dalam kehidupan yang lebih egaliter," pungkasnya.

Berita tentang Ponorogo

Berita tentang Jawa Timur

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved