Breaking News:

Berita Gresik

Menengok Kawasan Tempo Dulu di Sidayu, Saksi Bisu Perkembangan Kawasan Pantura

Melintas di Jalan Raya Pantura tepatnya di Kecamatan Sidayu, mata akan dimanjakan bangunan-bangunan eropa yang masih berdiri gagah. Sidayu merupakan

TribunJatim.com/ Willy Abraham
Kawasan Sidayu Gresik yang sarat nilai sejarah 

Reporter: Willy Abraham | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK – Melintas di Jalan Raya Pantura tepatnya di Kecamatan Sidayu, mata akan dimanjakan bangunan-bangunan eropa yang masih berdiri gagah. Sidayu merupakan kawasan yang dulunya otonom, kini telah melebur menjadi satu dengan Kabupaten Gresik.

Kemegahan di kawasan Sidayu pada era kolonial menjadi saksi bisu sejarah daerah yang dulunya Kadipaten Sidayu. Ada 10 Adipati yang pernah memimpin Kadipaten Sidayu, yang paling terkenal adalah Adipati Kanjeng Sepuh Sidayu.

Bangunan bergaya arsitek Eropa di kawasan Sidayu masih berdiri kokoh sampai saat ini. Kondisinya berbeda-beda, ada yang terawat ada yang dibiarkan begitu saja. Toko ritel modern di Sidayu memanfaatkan bangunan gaya eropa, kemudian kantor Pos juga demikian.

 Namun ada juga bangunan yang dibiarkan apa adanya bahkan tak terawat sehingga kondisinya rusak. Meski begitu secara tampilan fisik, bangunan tersebut menyisahkan pesan sebagai bangunan mewah pada zamannya.

Sejarawan Gresik, Kris Adji AW mengatakan Kecamatan Sidayu memiliki sejarah panjang yang mengiringi. Dahulu, kawasan Sidayu merupakan wilayah pesisir yang otonom dan setara dengan wilayah-wilayah pesisir lainnya di Pulau Jawa.

Baca juga: Sejarah Masjid Nahdlatul Ulama Ponorogo, Didirikan Langsung Oleh Rais Akbar NU KH Hasyim Asyari

“Tahun 1625, Sidayu menjadi daerah taklukan Mataram paska takluknya Surabaya,” ucapnya, Kamis (29/4/2021).

50 tahun berselang, tepatnya pada tahun 1675 Sidayu menjadi sebuah kadipaten yang dipimpin oleh seorang adipati. Dari 10 adipati yang paling dikenal adalah adipati ke-8 yakni Adipati Kanjeng Sepuh yang memerintah Sidayu tahun 1816 hingga 1855.

“Dan tahun 1935, riwayat Kadipaten Sidayu berakhir. Wilayahnya dilebur jadi satu dengan Kabupaten Gresik dengan status kawedanan,” ujar Kris Adji.

Makam Kanjeng Sepuh Sidayu terletak di Desa Pekauman Kecamatan Sidayu yang berjarak kurang lebih 28 kilometer dari Kota Gresik melalui jalur pantura Gresik – Tuban. Makam Kanjeng Sepuh Sidayu berada di belakang masjid jami’ Sidayu. Makam tersebut berada dalam kompleks pemakaman para Bupati Sidayu yang lainnya dan para keluarga besarnya. (wil)

Kumpulan berita Gresik terkini

Penulis: Willy Abraham
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved