Breaking News:

Cara Mudah

Tata Cara Pengembalian Dana Ibadah Haji 2021 dan Paspor Jemaah Reguler atau Khusus, Ini Syaratnya

Sudah dua tahun berturut-turut, ibadah haji jemaah Indonesia ditunda. Lantas, bagaimana cara refund dana haji dan paspor jemaah?

Editor: Arie Noer Rachmawati
Abdel Ghani BASHIR / AFP
ILUSTRASI - Area Mataf Masjidil Haram dibuka kembali setelah sempat ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi. Upaya itu dilakukan demi mencegah mewabahnya virus corona. 

Editor: Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM - Kegiatan Ibadah Haji 2021 bagi masyarakat Indonesia dibatalkan.

Lantas, bagaimana cara refund dana haji dan paspor jemaah?

Pengumuman Ibadah Haji 2021 dibatalkan membuat jemaah merasakan kesedihan.

Pasalnya, sudah dua tahun berturut-turut, ibadah haji jemaah Indonesia ditunda.

Keputusan Ibadah Haji 2021 dibatalkan ini disampaikan secara langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Ibadah Haji 2021 Ditiadakan, Pemilik Toko Oleh-oleh dan Perlengkapan Haji di Kediri Merugi

"Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya," kata Yaqut.

Selanjutnya, bagi jemaah yang sudah membayar lunas biaya hajinya dapat meminta pengembalian dana baik haji reguler maupun haji khusus.

Dilansir dari Kompas.com, (4/6/2021), aturan permohonan pengembalian dana haji reguler maupun khusus, tercantum dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2021 M, yang ditetapkan pada Selasa (3/6/2021).

ILUSTRASI - Area Mataf Masjidil Haram dibuka kembali setelah sempat ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi. Upaya itu dilakukan demi mencegah mewabahnya virus corona.
ILUSTRASI - Area Mataf Masjidil Haram dibuka kembali setelah sempat ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi. Upaya itu dilakukan demi mencegah mewabahnya virus corona. (Abdel Ghani BASHIR / AFP)

Pengembalian dana jemaah haji reguler

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved