Breaking News:

Kisah Miris Sopir Truk Dipalak Preman, Speedometer dan Ban Serep Bisa Raib Bila Tolak Bayar Upeti

Begini kisah miris sopir truk dipalak preman harus rogoh kocek tambahan jika ingin perjalanan aman atau speedometer dan ban serep truk raib.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Mujib Anwar
TribunJatim.com/Sugiharto
Sejumlah kendaraan besar dan truk saat melintas di jalanan Kota Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Inilah kisah miris sopir truk dipalak preman. Para sopir truk harus merogoh kocek tambahan jika ingin perjalanannya mengantarkan barang dan muatan aman.

Jika tidak mau membayar upeti ke preman yang memalaknya, speedometer dan ban serep truk bisa raib digondol paksa oleh komplotan preman

Aksi pemalakan atau pungutan liar ( pungli ) oleh anggota kelompok preman, memang acap mengintai para sopir truk sebagai korbannya.

Tatkala berpapasan dengan seorang preman di tengah perjalanan, para sopir tak bisa berbuat banyak. Mau tak mau dia wajib merogoh koceknya dalam-dalam.

Bukan karena apa-apa. Keselamatan selama perjalanan, menjadi prioritasnya. Pasalnya, para preman itu terkadang tak segan mengganggu kelancaran perjalanan sopir

Mulai dari merusak kendaraan yang dikemudikan sopir. Merampas sedikit bagian dari muatan barang di atas truk. Bahkan menghilangkan nyawa si sopir, pun tak segan dilakukan para preman.

Padahal, uang saku milik sopir sebagai bekal perjalanan, nominalnya tak bisa dikatakan banyak. Melawan para preman tentu suatu hal yang beresiko. Para 'Pejuang Rupiah Sang Pemain Gas dan Kopling' itupun hanya bisa mengelus dada.

Seorang sopir truk trailer, Yono, warga Kapasan, Simokerto, Surabaya mengaku, pernah menjadi korban pemalakan atau premanisme saat mengirim muatan peti kemas di jalanan.

Tepatnya, saat melintas di kawasan Tangerang, Provinsi Banten. Menurut bapak tiga anak itu, hampir di setiap tikungan jalan, ada satu orang pemalak yang meminta jatah uang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved