Breaking News:

Berita Surabaya

Harumkan Nama Indonesia, Tim Spektronics ITS Raih Juara 2 Kompetisi Chem-E-Car

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Ndaru Wijayanto
dokumen pribadi
Tim Spektronics ITS saat berlaga secara virtual di kjVI VDI Germany Chem-E-Car Competition 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Zainal Arif 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Di mana Tim Spektronics ITS berhasil menduduki podium kejuaraan posisi ke-2 di ajang Chem-E-Car internasional yang diselenggarakan kjVI VDI Germany secara virtual, Rabu (22/9/2021) lalu.

Verein Deutscher Ingenieure (VDI) sendiri merupakan asosiasi insinyur di Jerman yang telah menyelenggarakan perlombaan Chem-E-Car selama 16 tahun ini.

Dalam kompetisi VDI Chem-E-Car ini, dilombakan purwarupa mobil yang menggunakan reaksi kimia untuk mencapai jarak yang telah ditentukan.

Bukan yang paling cepat sampai, tetapi bagaimana mobil bisa mencapai akurasi yang tepat. 

"Di sinilah keunggulan kami dibandingkan tim lain, di mana kami mampu mendapatkan jarak error paling kecil yaitu hanya 0,06 centimeter kurangnya dari jarak yang ditentukan," terang Delvin Theodorus Hansell, salah satu tim teknis Spektronics ITS.

Menurutnya, tak hanya berkenaan dengan aspek akurasi, aspek safety juga menjadi penilaian penting. 

"Jangan sampai timbul kebocoran gas yang dapat menginisiasi ledakan berbahaya, karena di sini kami bermain dengan reaksi, larutan kimia, dan alat kelistrikan," jelas mahasiswa Departemen Teknik Kimia ITS ini.

Bergabung juga bersama Delvin, keenam rekannya yakni Michael Adrian Subagio selaku ketua tim, Lulu Sekar Taji, Rahardian Mahendra Daniswara, Naning Retno Astuti, serta Ulfiyah Afnian Sari dalam lomba yang memakan waktu tiga bulan untuk persiapannya ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved