Breaking News:

Berita Trenggalek

Warga Trenggalek Antusias Ikutkan Hewan Peliharaannya Vaksin Rabies Gratis, Kuota Langsung Penuh

Warga Trenggalek antusias mengikutkan hewan peliharaannya vaksin rabies gratis, kuota langsung penuh. Bahkan yang mendaftar melebihi kuota.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Petugas kesehatan memberikan vaksin rabies kepada kucing peliharaan milik warga Trenggalek dalam kegiatan vaksinasi rabies gratis, yang digelar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek bersama PDHI Jatim IX, Senin (27/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Warga Trenggalek, Jawa Timur, antusias mengikutkan hewan peliharaannya vaksin rabies gratis.

Vaksin rabies gratis itu digelar oleh Dinas Pertanian dan Pangan, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Jatim IX untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

Vaksinasi digelar di Klinik Hewan Satwa Medika milik dinas mulai Senin (27/9/2021) hingga Rabu (29/9/2021).

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, Ririn Hari Setiani menjelaskan, pihaknya menyediakan 100 dosis vaksin rabies gratis dalam kegiatan itu.

Di luar dugaan, antusiasme pemilik hewan peliharaan untuk mengikuti vaksinasi tersebut tergolong tinggi.

“Pada hari pertama ini, kuota sudah penuh. Bahkan yang mendaftar melebihi kuota,” kata Ririn, Senin (27/9/2021).

Dari 100 kuota yang ada, mayoritas hewan peliharaan yang divaksinkan adalah kucing.

Hewan peliharaan jenis lain yang diikutkan dalam vaksinasi antirabies adalah 2 ekor kera dan seekor anjing.

Setelah pemiliknya mendaftarkan, hewan peliharaan dicek terlebih dulu kesehatannya sebelum divaksin. Apabila tak memenuhi syarat, vaksinasi rabies akan ditunda. Atau kuota yang tersedia diberikan kepada pendaftar yang sebelumnya tidak masuk dalam kuota.

Baca juga: Monyet di Wisata Ketekan Tulungagung Terdampak PPKM, Kekurangan Pakan Sampai Pergi ke Perkampungan

“Karena antusiasmenya tinggi, vaksin rabies ini kami lakukan secara bertahap. Tetap sesuai rencana selama tiga hari. Jadi nanti kami hubungi pendaftar sesuai antrean ketika sudah waktunya untuk vaksin,” tutur Ririn.

Dengan mengikutkan hewan peliharaannya dalam kegiatan vaksin rabies gratis ini, para pemilik bisa berhemat. Jika dilakukan secara mandiri di klinik hewan, biaya vaksin rabies berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 160 ribu.

Ririn mengatakan, vaksinasi bagi hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan sejenisnya penting untuk dilakukan. Termasuk vaksin rabies.

Vaksin ini perlu diberikan karena penyakit rabies tak hanya berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan. Tapi juga bisa menular dan berdampak fatal bagi manusia.

“Sebab rabies ini adalah peyakit zoonosis atau bisa ditularkan dari hewan ke manusia. Makanya, vaksin ini penting untuk hewan peliharaan berdarah panas seperti anjing, kucing, kera, musang, dan sejenisnya,” sambung Ririn.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved