Breaking News:

Hindari Hip Dysplasia, Cuddle Me Mengedukasi Cara Menggendong Bayi dengan M Shape dan Manfaatnya

Hindari hip dysplasia pada bayi, Cuddle Me mengedukasi cara menggendong bayi yang benar dengan metode M shape dan manfaatnya.

Penulis: Melia Luthfi Husnika | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Dokumentasi Cuddle Me
Cara menggendong bayi yang benar dengan metode M shape untuk menghindari hip dysplasia, Jumat (3/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Melia Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Hip dysplasia adalah kondisi persendian di mana pinggul dan ujung tulang paha bayi tidak normal. Kondisi ini kerap dialami oleh bayi atau balita. Dampaknya, bisa menyebabkan kaki bayi panjang sebelah. 

Ternyata, salah satu penyebab hip dysplasia ini adalah kesalahan dalam menggendong bayi. Kebiasaan menggendong dengan bagian paha menggantung di mana lutut menjuntai lebih rendah dari pinggul. 

Cara menggendong ini bisa menyebabkan pinggul menerima beban yang berat dari kaki, sehingga terjadi pergeseran sendi. Hip dysplasia tak menimbulkan rasa nyeri yang membuat kondisi tersebut tak diketahui secara langsung. 

Salah satu upaya mencegah kondisi hip dysplasia ini adalah dengan mempelajari cara menggendong bayi yang benar, serta menggunakan alat gendong bayi yang tepat. 

"Hip dysplasia memang tidak bisa langsung diketahui, tapi kita bisa mencegahnya dengan belajar gendong bayi menggunakan metode M shape dan memakai alat gendong yang tepat," ujar Owner PT Kadelmindo Saraya Mapan produsen Cuddle Me, Nuning Purwaningsih, Jumat (3/12/2021) malam.

Perempuan asal Malang, Jawa Timur, tersebut menerangkan, menggendong bayi dengan metode M shape adalah metode paling baik untuk menggendong bayi. Selain itu, alat gendong seperti gendongan ergonomis yang akan menjaga pertumbuhan tulang bayi sesuai usianya. 

"Menggendong M shape yakni memposisikan bayi supaya kakinya membentuk huruf M. Posisi ini membuat lutut berada lebih tinggi dari tulang pinggul, sehingga tidak ada beban menggantung. Kondisi hip dysplasia bisa dihindari," jelas Nuning Purwaningsih

Sedangkan gendongan ergonomis, lanjut Nuning, adalah yang paling disarankan untuk menggendong bayi. Selain manfaatnya yang baik untuk kesehatan, gendongan model ini akan memberikan rasa nyaman pada ibu dan bayi. 

Baca juga: Fakta Menarik Soal Bayi Tabung, Embrio Calon Bayi Bisa Disimpan Frozen Sampai Puluhan Tahun

"Seperti produk-produk Cuddle Me, kami menciptakan gendongan ergonomis yang ramah untuk ibu dan bayi. Cuddle Me menjadi pelopor SSC ergonomis pertama di Indonesia. Produk kami tentunya sangat support terhadap tumbuh kembang bayi dan kenyamanan ibu," papar perempuan kelahiran 1979 tersebut. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved