Breaking News:

Berita Malang

Jarah Rumah Warga di Malang, Maling Gasak 4 Tas Berisi Laptop hingga Uang Arisan, Ada yang Dibuang

Aksi maling meresahkan warga Puri Kartika Asri, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang usai rumah salah satu warganya dimasuki o

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Rumah milik korban yang menjadi sasaran pelaku pencurian saat didatangi TribunJatim.com, Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Warga Puri Kartika Asri, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang merasa resah usai rumah salah satu warganya dimasuki oleh pelaku pencurian pada Rabu (12/1/2022) dini hari.

Korban, Isak Firman (39), warga Puri Kartika Asri RT 4 RW 9 Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang menceritakan, pelaku diduga beraksi sekitar pukul 01.10 WIB.

Saat itu, korban baru saja pulang ke rumah sekitar pukul 00.00 WIB. Sekitar pukul 00.30 WIB, korban tidur dan menyalakan lampu teras.

"Sekitar pukul 01.15 WIB, saya bangun untuk buang air kecil, dan waktu lewat ke ruang keluarga itu posisi sudah berantakan. Selain itu, lampu teras juga sudah padam, tetapi waktu itu saya belum sadar kalau rumah saya dimasuki pencuri," ujarnya kepada TribunJatim.com, Kamis (13/1/2022).

Lalu sekitar pukul 05.30 WIB, korban dikagetkan dengan suara panggilan dari ketua RT setempat. Ketua RT memberitahukan kepada korban, bahwa ada tas yang berisi foto kopi data milik korban berserakan di tepi jalan.

Baca juga: Ajak Duel Petugas Polisi, Pria Bawa Belati Bubarkan Apel Polres Lumajang, Identitas Pelaku Terungkap

Korban akhirnya menyadari bahwa rumahnya telah dimasuki pencuri. Akhirnya, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Malang Kota.

Korban mengaku, pelaku terbilang cepat dan lihai dalam melancarkan aksinya. Sebab, pelaku beraksi tanpa merusak kunci gembok pagar, kemudian mematikan lampu teras dan memanfaatkan pintu rumah yang tertutup tetapi tidak terkunci.

"Jadi, pelaku ini masuk ke rumah cukup cepat. Dalam aksinya, pelaku mengambil empat tas, dua tasnya di buang sekitar 20 meter dari rumah saya. Dan yang dua tas, dibawa kabur pelaku," terangnya.

Baca juga: Nasib Janda Kaya Dinikahi Brondong Berubah, Sempat di Penjara, Kini Tegas Suami Tak Dapat Warisan

Untuk dua tas yang diambil pelaku, berisi dompet milik korban dengan isi uang tunai Rp 2,2 juta beserta surat-surat kendaraan dan dompet istri korban berisi uang arisan PKK berisi kurang lebih Rp 7 juta dan laptop.

"Total kerugian untuk barang-barang yang hilang, nilainya sekitar Rp 20 juta. Dan usai kejadian tersebut, tak lama  petugas kepolisian datang dan langsung melakukan olah TKP selama tiga jam dengan mendatangkan Inafis dan K9. Untuk hasilnya, masih proses identifikasi dari petugas," bebernya.

Korban menduga, pelaku sudah hapal dengan kondisi sekitar atau ada campur tangan dari orang dalam.

Baca juga: Diawali Suara Gemuruh, Lantai Ruang Tunggu Cuci Mobil di Malang Ambrol ke Sungai, Ini Penyebabnya

Pasalnya di jam tersebut, berdasarkan keterangan satpam komplek tidak ada orang masuk atau keluar dari lingkungan perumahan.

"Untuk di wilayah ini sejak pukul 17.00 WIB, semua akses keluar masuk hanya dilakukan melalui pintu depan (one gate system). Kalau dari dugaan saya, pelakunya lebih dari satu orang," jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo mengaku sudah menerima laporan tersebut. Hingga saat ini, pihaknya masih terus melacak keberadaan dari pelaku.

"Untuk saat ini masih dalam proses penyelidikan. Kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, dalam menutup dan mengunci rumah, karena bisa saja kelalaian tersebut dimanfaatkan oleh pelaku yang sudah mengamati gerak-gerik calon korbannya," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved