Virus Corona

Waspadai Cucu Omicron Subvarian BA.3, Dapat Menyebabkan Covid-19 Parah? Berikut Penjelasan Ahli

Organisasi Kesehatan Dunia umumkan cucu dari Covid-19 Omicron yakni subvarian BA.3 Omicron. Dapat Menyebabkan Covid-19 Parah?

Editor: Hefty Suud
freepik.com
Ilustrasi virus Corona - WHO umumkan cucu dari varian virus Corona ( Covid-19 ), yakni subvarian BA.3 Omicron. 

TRIBUNJATIM.COM - Mengenal subvarian BA.3 Omicron.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini umumkan cucu dari varian virus Corona ( Covid-19 ) Omicron, yakni subvarian BA.3 Omicron.

Seperti yang sering disampaikan oleh para ahli dan ilmuwan, bahwa setiap setiap virus akan bermutasi pada suatu waktu, dan melalui mutasi ini, maka galur virus baru muncul.

Virus dapat terpecah menjadi subvarian atau sub-garis keturunan saat bermutasi menjadi varian.

Dilansir dari Healthsite via Kompas.com, sebuah laporan menunjukkan bahwa variasi varian Delta terdiri dari sekitar 200 subvarian.

Sedangkan varian Omicron yang saat ini menjadi varian virus Corona yang mendominasi di dunia, memiliki beberapa subvarian, di antaranya BA.1, BA.2, BA.3 dan B.1.1.529, dengan subvarian BA.1 yang mendominasi saat ini.

Baca juga: 9 Gejala Omicron Pada Pasien yang Sudah Vaksin Covid-19 Dua Kali: Bersin-bersin hingga Mual

Baca juga: Syarat Perjalanan: 2 Golongan Ini Masih Harus Sertakan Hasil Negatif Covid-19 PCR dan Antigen

Kemunculan cucu Omicron subvarian BA.3

Para ilmuwan juga telah memperingatkan bahwa masyarakat dunia juga perlu mewaspadai subvarian Omicron BA.2.

Kini, para pakar WHO pun menunjukkan bahwa kemungkinan ada garis keturunan Omicron BA.3 lainnya.

Terkait munculnya cucu Omicron ketiga, yakni subvarian BA.3 ini disampaikan Maria Van Kerkhove, Infectious Disease Epidemiologist dan WHO Covid-19 Technical Lead pada 5 Maret 2022 lalu.

Ilustrasi varian Omicron - Subvarian BA.2 dijuluki sebagai Son of Omicron. Studi ungkap Son of Omicron ini lebih cepat menular dari subvarian sebelumnya.
Ilustrasi varian Omicron - Subvarian BA.2 dijuluki sebagai Son of Omicron. Studi ungkap Son of Omicron ini lebih cepat menular dari subvarian sebelumnya. (SHUTTERSTOCK/Naeblys)

Kerkhove mengungkapkan bahwa tingkat keparahan subvarian BA.2 dan BA.1 dari Omicron adalah serupa, demikian dengan subvarian BA.3 di antara semua garis keturunan varian Omicron.

Menurut data WHO, varian Omicron meliputi garis keturunan Pango B.1.1.529 dan garis keturunan Pango BA.1, BA.1.1, BA.2 dan BA.3.

Munculnya sublineage BA.3 juga telah dikonfirmasi dalam sebuah studi yang telah dipublikasikan di Journal of Medical Virology pada 18 Januari 2022.

Sublineage BA.3 awalnya ditemukan di barat laut Afrika Selatan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved