Jembatan Balun Lamongan Ambles

Jembatan Balun Lamongan Dibuka untuk Semua Kendaraan, Masyarakat Tak Perlu Cari Jalan Alternatif

Jembatan Balun Lamongan sudah dibuka untuk semua kendaraan, masyarakat tidak perlu lagi cari jalan alternatif.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Hanif Manshuri
Jembatan Balun Lamongan (Ngaglik 1) sudah dibuka pada Minggu (17/4/2022) tepat pukul 14.15 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Setelah diperbaiki selama hampir 22 hari, Jembatan Balun Lamongan (Ngaglik 1) sudah dibuka pada Minggu (17/4/2022) tepat pukul 14.15 WIB.

Pembukaan Jembatan Balun Lamongan lebih cepat dari target semula, yakni pada H-10 Lebaran. Karena ternyata pada H-15 Lebaran sudah bisa dilalui kendaraan.

Jembatan yang sebelumnya ambles ini telah kembali dibuka pada dua sisi. Arus lalu lintas dari barat ke timur dan sebaliknya dari timur ke barat sudah dibuka. Tidak ada lagi penyekatan.

"Jembatan Balun Lamongan sudah bisa dilalui," kata Kasatlantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno, Minggu (17/4/2022). 

AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, pembukaan Jembatan Balun Lamongan dilakukan dengan sistem kanalisasi di kedua sisi jalan. Sebagai penanda kanalisasi ini, polisi memasang barrier atau pembatas di sekitar ruas jalan. 

Baca juga: Jadi Alternatif Jembatan Balun Lamongan Ambles, Jalan Sukodadi-Plembon Rusak Parah, 3 Truk Terguling

Untuk kiri jalan, diperuntukkan bagi kendaraan roda 2, sedangkan di kanan untuk kendaraan roda empat atau lebih.

"Demikian pula untuk jalur sebaiknya juga kami berlakukan kanalisasi serupa dengan memakai barrier," ungkapnya. 

Pemberlakuan kanalisasi di sekitar Jembatan Balun Lamongan akan dilakukan hingga selesainya Operasi Ketupat Semeru 2022 dan menunggu hasi evaluasi dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, pihaknya membuka pos pantau jembatan dan jalan di dekat Jembatan Balun hingga setelah Hari Raya Idul Fitri nanti.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN wilayah perwakilan Tuban, Babat, Lamongan dan Gresik, Ketut Payun Astapa mengatakan, pada Minggu (17/4/2022) sekitar pukul 14.15 WIB, Jembatan Balun telah dibuka sebagai bagian dari simulasi pembukaan jembatan.

"Kita bersyukur hari ini telah dilakukan simulasi pembukaan Jembatan Balun yang telah selesai lebih cepat dari yang diperkirakan, yaitu H-15 Lebaran sudah selesai," kata Ketut Payun Astapa kepada Tribun Jatim Network, Minggu (17/4/2022).

Simulasi ini, menurut Payun, akan dilakukan terus hingga Lebaran dan usai Lebaran akan dikoordinasikan terkait sisi utara dan selatan jembatan yang rencananya juga akan diperbaiki.

"Untuk saat ini semua kendaraan sudah bisa lewat Jembatan Balun ini," ujarnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved