Pemilu 2024

Jaring Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2024, KPU Jatim Giatkan Beragam Upaya

KPU Jatim terus merancang upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk Pemilu 2024. Di antaranya sasar pemilih pemula yang berjumlah besar

TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro dalam acara sosialisasi. Di mana kelompok pemilih pemula dipercaya memiliki angka yang besar untuk meningkatkan jumlah partisipasi Pemilu 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) terus merancang upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk Pemilu 2024

Termasuk di antaranya, menyasar kalangan muda atau pemilih pemula. Sebab, diprediksi kelompok ini berjumlah besar pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. 

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menyatakan pihaknya menyadari pentingnya merangkul pemilih pemula mengingat jumlahnya yang besar. 

"Sampai dengan saat ini KPU Jatim masih memandang strategis pemilih pemula sebagai salah satu segmen utama dalam sosdiklih," kata Gogot saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Rabu (29/6/2022). 

Terdapat beberapa hal program yang siap digiatkan KPU Jatim. Tidak saja sosialisasi dengan tatap muka konvensional, melainkan juga dengan berbagai upaya lain.

"Yakni, melalui pendekatan terhadap perilaku/kebiasaan/minat pemilih pemula atau generasi muda," jelasnya. 

Baca juga: KPU Jatim Masifkan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024, Bakal Gunakan Berbagai Media, Termasuk Medsos

Diungkapkan Gogot, sosialisasi tatap muka konvensional, di antaranya dengan mengunjungi beberapa sekolah secara langsung untuk sosialisasi dengan program goes to school.

"Datang ke sekolah dengan menjadi pembina upacara untuk kepentingan sosialisasi," ungkapnya. 

Dari upaya itu, ditargetkan seluruh SMA sederajat dapat seluruhnya rampung didatangi sebelum pemungutan suara.

Disamping itu, upaya pelibatan pemilih pemula sebagai Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang salah satu segmennya adalah pemilih pemula dan pemuda juga dilakukan.

Baca juga: KPU Jatim Siap Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024, Tinggal Menunggu PKPU Diundangkan

"Upaya selanjutnya adalah pelibatan mereka dalam program relawan demokrasi," ujar Gogot menambahkan. 

Sementara itu, sosialisasi melalui pendekatan perilaku pada pemilih pemula bakal digencarkan dengan sejumlah upaya.

Di antaranya, memanfaatkan kecanggihan teknologi dan media sosial untuk sosialisasi guna menggaet para pemilih pemula. Kemasan konten pun disesuaikan. 

"Kemudian yang kedua, games kepemiluan dengan menggunakan berbagai aplikasi. Lalu, selanjutnya adalah melalui Iklan layanan masyarakat dengan visual dan pesan-pesan yang millenial dan bahasa yang ringan," pungkasnya. 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved