Berita Jatim

Ratusan Sapi Kurban Disebar BUMN di Jawa Timur, Menteri Erick Thohir: Wujud Dukungan Ekonomi Rakyat

Ratusan sapi untuk kurban disebar BUMN di Jawa Timur, Menteri Erick Thohir: Wujud dukungan ekonomi rakyat. Kami hadir untuk membantu masyarakat.

Tribun Jatim Network/Bobby Constantine
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) membagikan ratusan ekor sapi kurban di Jawa Timur, Sabtu (9/7/2022). Penyerahan di Surabaya dilakukan Menteri BUMN, Erick Thohir. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) membagikan ratusan ekor sapi kurban di Jawa Timur, Sabtu (9/7/2022).

Bantuan hewan kurban yang diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat ini diberikan melalui Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) yang dilakukan oleh 4 bank Himbara (Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN).

Berjumlah 200 ekor sapi, hewan kurban dibagikan kepada 120 DKM masjid/musala se-Jawa Timur.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyerahkan langsung secara simbolis kepada Pimpinan Wilayah Ansor dan Fatayat Jawa Timur, di Surabaya, Sabtu (9/7/2022).

Berlangsung di Taman Pendidikan Al-Quran Nahdhotut Tholabah di Kecamatan Sukomanunggal Surabaya, acara penyerahan juga serentak dilakukan di wilayah Bandung, Jawa Barat, dan Tangerang, Banten.

Menteri Erick Thohir menjelaskan, program ini sebagai kerja sosial yang rutin dilakukan kementeriannya tiap tahun.

"Khususnya yang di Jawa Timur, Himbara bersatu sebagai kesatuan melakukan program sosial," kata Erick Thohir kepada jurnalis usai acara.

Bagi Kementerian BUMN, Jawa Timur menjadi salah satu prioritas penyaluran hewan kurban di  seluruh Indonesia.

"Kami hadir untuk membantu masyarakat yang belum bisa melakukan kurban," katanya.

Pengadaan sapi dilakukan oleh PT Berdikari. Mereka menghimpun sapi dari peternak di Jawa Timur. Selain sesuai dengan ketentuan syariat, pemilihan sapi juga dilakukan dengan memprioritaskan sapi sehat dan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Alhamdulillah, kami mendapatkan sapi ini dari peternak masyarakat. Di sini ada ekonomi yang berputar. Dari masyarakat kembali ke masyarakat. Ini yang kami lakukan," kata Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah ini.

Selain di Jawa Timur, penyerahan hewan kurban juga diberikan kepada 5 DKM masjid/musala dan Kelompok Masyarakat di Jawa Barat (75 ekor sapi) dan 23 Kelompok Masyarakat di Banten (25 ekor sapi).

"Sedangkan di Jatim ada 200 sapi. Mungkin belum cukup, tapi semoga bisa membantu meringankan," kata pria 52 tahun ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved