Berita Gresik

Progress Kawasan Heritage Gresik Kota Lama Capai 70 Persen, Bakal Promosikan Kota Bandar

Penataan kawasan Gresik Kota Lama (GKL) terus dikebut. Saat ini progresnya sudah mencapai 70 persen

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Willy Abraham
Pengerjaan di Jalan Basuki Rahmat depan rumah dinas Wakil Bupati Gresik, Jumat (29/7/2022) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Penataan kawasan Gresik Kota Lama (GKL) terus dikebut, ditargetkan tahun ini rampung. Progress pada bulan Juli ini, sudah mencapai 70 persen.

"Saat realisasi sudah 70 persen," kata Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman Gresik Ida Lailatus Sa'diyah, Jumat (29/7/2022).

GKL adalah kawasan heritage, akan difungsikan sebagai sarana mempromosikan Gresik sebagai kota bandar. Tujuh ruas jalan di kawasan wisata heritage dilakukan revitalisasi secara bertahap. Sudah dimulai pada bulan Februari lalu dan ditargetkan selesai tahun ini.

Kawasan Gresik Kota Lama dilakukan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Program KOTAKU merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya.

Baca juga: Pantau Proyek Kayutangan Heritage Zona III, Pemkot Malang Targetkan Akhir November 2022 Tuntas

Penataan Kawasan GKL ini meliputi Kampung Arab, Kampung Kolonial dan Kampung Pecinan. Konsep penataan Kawasan Kampung Arab diharapkan bisa mendorong pengembangan wisata religi yang menjadi satu kesatuan dengan Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim.

Selain itu terdapat kawasan Kampung Kolonial yang akan menjadi satu kesatuan dan terintegrasi dengan Kampung Kemasan dan Kampung Arab serta Kampung Pecinan.

Adapun lingkup penataan meliputi pekerjaan drainase kota, pekerjaan tanah, perkerasan berbutir dan perkerasan beton semen, perkerasanberaspal, struktur, pengembalian kondisi dan pekerjaan minor serta sumur bor.

"Wisata heritage terdiri dari beberapa etnis di Kabupaten Gresik," tambah Ida. (wil)

Tujuh ruas jalan Kawasan Heritage Gresik Kota Lama :

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved