Berita Gresik

Kepastian Soal Stan Relokasi Pedagang Terdampak Pelebaran Jalan Raya Manyar Gresik, Sesuai Rencana?

Rencana pembangunan stan relokasi untuk pedagang yang terdampak pelebaran Jalan Raya Manyar Gresik terus dimatangkan, sesuai rencana awal?

Penulis: Willy Abraham | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Willy Abraham
Pemerintah terus menyiapkan tempat relokasi untuk para pedagang di tepi Jalan Raya Manyar, Gresik, yang terdampak pelebaran jalan, Selasa (2/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Pemerintah terus menyiapkan tempat relokasi untuk para pedagang di tepi Jalan Raya Manyar, Gresik, yang terdampak pelebaran jalan.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengatakan, pembangunan yang berkemanusiaan menjadi prinsip dalam pelebaran Jalan Raya Manyar yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan bulan Juni lalu, dijelaskan bahwa Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBJN) Jawa Timur sebagai pelaksana proyek mengungkapkan, pelaksanaan pelebaran ruas jalan nasional ini akan dilakukan sepanjang 3,7 km dengan median jalan (trotoar) 3 meter dan diperkirakan menelan anggaran dari APBN sebesar Rp 15 miliar.

Angggaran tersebut murni peruntukannya untuk pengerjaan pelebaran jalan, sedangkan untuk pengadaan lahan menjadi wilayah kewenangan dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

Tidak selesai di situ, Pemerintah Kabupaten Gresik juga tidak lepas tangan terhadap masyarakat yang tempat usahanya terdampak proyek pelebaran Jalan Raya Manyar.

Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Gresik sedang mengupayakan pembangunan stan pujasera sebagai tempat relokasi bagi kelompok masyarakat terdampak.

Awalnya, proyek pengerjaan pembangunan stan pujasera tersebut rencananya akan dikerjakan dengan gotong royong bersama segenap perusahaan-perusahaan melalui dana Corporate Social Responsiblity (CSR) yang berada di wilayah PSN Manyar. Sosialisasi terkait peran serta perusahaan tersebut sejatinya sudah jauh-jauh hari dilakukan, baik oleh pemerintah Kabupaten Gresik lewat camat maupun dari Forum Komunikasi Lingkungan Hidup Perusahaan-perusahaan di Sekitar Kecamatan Manyar (Formula Pertama).

Hal inilah yang coba ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten Gresik dalam kegiatan Koordinasi Percepatan Pembangunan Stan Relokasi untuk Pelebaran Jalan Raya Manyar yang diadakan di ruang Putri Mijil, kompleks Pendopo Kabupaten Gresik.

Di hadapan perwakilan perusahaan-perusahaan wilayah Manyar yang diundang, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menekankan, kepentingan pembangunan stan relokasi ini selain untuk masyarakat sekitar, juga kepada perusahaan itu sendiri. Oleh karenanya akan sangat indah apabila proyek ini bisa rampung dengan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gresik dan perusahaan sekitar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved