Berita Kota Batu

Jumlah Anggota Tak Memenuhi Syarat Minimal, 2 Partai Politik di Kota Batu Tidak Lolos Verifikasi

Dua partai politik di Kota Batu tidak lolos verifikasi karena jumlah keanggotannya tidak memenuhi syarat minimal. Kedua partai politik itu adalah Part

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/BENNI INDO
Kantor KPU Kota Batu yang terletak di Jl Raya Tlekung No 212, Junrejo, Kota Batu. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Dua partai politik di Kota Batu tidak lolos verifikasi karena jumlah keanggotannya tidak memenuhi syarat minimal. Kedua partai politik itu adalah Partai Buruh dan Partai Republik Satu

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Kota Batu, Erfanudin menerangkan syarat minimal partai politik di Kota Batu memiliki keanggotaan 216. 

Partai Buruh mencatatkan jumlah keanggotaannya sebanyak 124, sedangkan Partai Republik Satu sebanyak 204.

Dengan gugurnya dua partai politik ini, tersisa ada 20 partai di Kota Batu. Saat ini, KPU Kota Batu tengah melakukan verifikasi terhadap 20 partai tersebut.

"Sejauh ini, kami telah menempuh proses verifikasi hingga 12 persen," ujar Erfanudin.

Berdasarkan informasi sementara yang dipaparkan KPU Kota Batu, 20 partai tersebut terdiri atas Perindo, Partai Ummat, PSI, Partai Republiku Indonesia, Partai Republik, PPP, Nasdem, Partai Kebangkitan Nusantara.

Baca juga: 13 Nama Staf Bawaslu di Jawa Timur Dicatut Masuk Sipol, Klarifikasi Dilakukan, Begini Hasilnya

Selanjutnya ada PKB, PKS, Partai Keadilan dan Persatuan, Hanura, Golkar, Gerindra, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Garda Perubahan Indonesia, Demokrat, PDI Perjuangan, PBB dan PAN.

Dalam proses verifikasi ini, KPU Kota Batu menemukan sejumlah data yang perlu dikonfirmasi langsung dengan yang bersangkutan. 

Ada data-data yang kurang valid seperti jenis kelamin peserta, lau domisili asli, termasuk status PNS ataupun TNI/Polri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved