Berita Jatim

Elektabilitas Khofifah di Bursa Pilgub Jatim 2024 Semakin Meningkat, PPP Jatim: Tak Terbendung

Elektabilitas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa masih 'memuncaki' hasil survei terkait bursa Pilgub 2024

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
Tribun Jatim Network/Rifki Edgar
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa unggul dalam survei ARCI 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Elektabilitas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa masih 'memuncaki' hasil survei terkait bursa Pilgub Jatim 2024 sebagaimana dirilis lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Tingginya elektabilitas Khofifah itu dinilai semakin membuka peluang ia terpilih untuk dua periode.

Dalam survei yang dilakukan ARCI, tingkat keterpilihan Khofifah seandainya Pilgub digelar saat ini adalah 37, 25 persen.

Dengan persentase itu, Khofifah unggul dari sejumlah tokoh lain misalnya nama Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak (11,5 persen) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (8,1 persen).

Adapun survei itu dilakukan pada periode September 2022 di 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur. Penarikan sampel dalam survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1200 responden dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sebesar 2,8 persen.

"Jika pemilihan Gubernur dilakukan saat ini dukungan terhadap Khofifah Indar Parawansa masih dominan dibanding calon lainnya," kata Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt dalam penjelasan hasil surveinya di Surabaya dikutip Rabu (21/9/2022).

Elektabilitas Khofifah tersebut diketahui meningkat. Sebab tiga bulan lalu tepatnya periode Juli 2022 dalam survei yang juga dilakukan ARCI, Khofifah saat itu juga direkam unggul dengan angka 31,25 persen. Khofifah saat itu juga unggul dari sejumlah tokoh beken lainnya.

Menanggapi survei itu, Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Anshori menjelaskan potensi untuk keterpilihan Khofifah di periode kedua sangatlah terbuka. Sebab, elektabilitas Ketua Umum PP Muslimat itu sangatlah dominan. Bahkan, dalam sejumlah lembaga survei.

"Menurut saya kalau Bu Khofifah nyalon Gubernur lagi rasanya tidak terbendung elektabilitasnya. Peluangnya sangat besar," katanya saat dikonfirmasi terpisah.

Baca juga: Pengamat Politik Ungkap Peluang Besar Pimpinan Parpol Bersaing Maju Pilgub Jatim 2024

Tingginya elektabilitas Khofifah itu juga disebut terekam dalam survei internal PPP Jatim yang baru dilakukan belum lama ini dengan menggandeng lembaga Indikator Politik. Menurut Mujahid, elektabilitas Khofifah sangatlah dominan.

Kondisi demikian, disebutnya membuka peluang Khofifah kembali diusung jika ingin maju Pilgub Jatim mendatang. "Karena itu by data. Disamping Bu Khofifah juga punya ikatan historis dengan PPP," ucap mantan anggota DPRD Jatim tersebut.

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved