Berita Jatim

Alokasi Jatah Kursi DPRD Jatim Dapil Kota Surabaya Potensi Bertambah

Alokasi kursi untuk DPRD Jatim pada Pemilu 2024 dipastikan tetap seperti Pemilu sebelumnya yakni 120 kursi.

ISTIMEWA
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim Insan Qoriawan saat memaparkan materi pada kegiatan uji publik rancangan Dapil untuk DPRD Jatim Pemilu 2024 beberapa hari lalu. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Alokasi kursi untuk DPRD Jatim pada Pemilu 2024 dipastikan tetap seperti Pemilu sebelumnya yakni 120 kursi.

Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) saat ini memiliki sejumlah rancangan usulan penataan daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2024 mendatang. 

"Ada tiga rancangan usulan penataan Dapil DPRD Provinsi Jawa Timur Pemilu 2024," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan, Minggu (22/1/2023). 

Rancangan pertama, komposisi dan jatah kursi di 14 dapil di Jawa Timur untuk Pemilu 2024 sama persis dengan Pemilu sebelumnya. Ketentuan ini sama dengan lampiran UU Nomor 7 tahun 2017 yang dipakai pada Pemilu 2019. 

Sementara rancangan kedua, komposisi kabupaten/kotanya sama persis dengan Pemilu 2019. Namun, alokasi kursinya bakal mengacu Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) Semester 1 Tahun 2022. 

Baca juga: DPRD Jatim Konsultasi Anggaran Pemilihan Serentak 2024 di Kemendagri

Pada rancangan ini memungkinkan perubahan jatan kursi di dua dapil. Untuk Dapil Jatim 1 yaitu Surabaya, akan menjadi 9 kursi atau bertambah satu kursi dari Pemilu 2019. 

Sementara, dapil yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi akan berubah menjadi 11 kursi di Pemilu 2024. Pada Pemilu 2019 lalu, dapil ini terdapat jatah 12 kursi. 

Selanjutnya, pada rancangan ketiga, hampir sama dengan rancangan kedua. Hanya saja yang membedakan adalah Madura menjadi 2 Dapil yang berbeda yakni Dapil 14 dan 15. Dengan alokasi kursi masing-masing ada 6 kursi.

Terkait dengan rancangan usulan penataan dapil ini, KPU Jatim beberapa hari lalu telah menggelar uji publik yang dihadiri oleh sejumlah stakeholder terkait. Termasuk diantaranya perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024. Pada uji publik ini, KPU menghimpun seluruh tanggapan dan masukan. 

Baca juga: KPU Jatim Verifikasi Administrasi 21 Bakal Calon DPD, Ada Nama Petahana Hingga Eks Ketua KPK

"Kemudian tanggapan dan masukan itu, menjadi bahan buat KPU provinsi untuk memutuskan apakah tiga rancangan itu yang akan diusulkan ke KPU RI ataukah ada hal lain berdasarkan sejumlah masukan," terang Insan. 

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengungkapkan, kegiatan uji publik yang berlangsung di Surabaya itu sangat istimewa lantaran bisa menghadirkan seluruh stakeholder khususnya 18 parpol peserta Pemilu 2024.

“Kita membahas persiapan rancangan usulan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur,” ucap Anam

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved