Pilgub Jatim 2018

Detik-detik Jelang Coblosan, Khofifah dan Gus Ipul Saling Genggam Tangan dan Nyayi Bareng

Beberapa jam jelang coblosan, KPU Jatim gelar Doa Bersama dan Deklarasi Pilkada Damai yang diwarnai aksi mesra Khofifah-Gus Ipul.

Detik-detik Jelang Coblosan, Khofifah dan Gus Ipul Saling Genggam Tangan dan Nyayi Bareng
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Sehari jelang coblosan, KPU Jatim menggelar Doa Bersama dan Deklarasi Pilkada Damai dalam rangka Pilgub Jatim Guyub Rukun 2018, Selasa (26/6/2018) malam. Kegiatan yang menghadirkan Cak Nun dan Kiai Kanjeng dan dihadiri dua pasangan calon, Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Mbak Puti. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sehari jelang coblosan, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Doa Bersama dan Deklarasi Pilkada Damai dalam rangka Pilgub Jatim Guyub Rukun 2018, Selasa (26/6/2018) malam.

Kegiatan doa bersama dengan pemuka lintas agama ini menghadirkan kedua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak serta Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menghadirkan Cak Nun dan Kiai Kanjeng.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito mengatakan besok warga Jawa Timur akan menghadapi pesta demokrasi dan memasuki hari pemungutan suara untuk menentukan pemimpin lima tahun ke depan.

"Kami harap semua yang hadir di sini dan semua warga Jawa Timur adalah pemilih yang ikut memilih pemimpin Jawa Timur ke depab. Untuk itu, kami berharap pelaksanaan coblosan besok berjalan baik, aman dan damai. Serta tidak ada ganjalan yang berarti sehingga siapapun yang terpilih bisa menjadi pemimpin yang amanah," kata Eko.

Baca: Jelang Pemungutan Suara, Aksi Premanisme Terhadap Warga dan Wartawan Terjadi di Kota Madiun

Pihaknya berharap kepada semua pihak untuk menjalankan proses demokrasi dengan penuh kebersamaan, partisipasi dan rukun serta penuh keselarasan.

"Semua dinamika yang terjadi akan diselesaikan sesuai dengan mekanisme, jangan ada pertikaian. Perbedaan itu rahmat, apa yang berjalan tidak sesuai dengan yang dikehendaki mari kita selesaikan dengan baik," kata Eko di depan ribuan masyarakat yang hadir. 

Dalam acara tersebut, masing-masing tokoh lintas agama yang hadir berdoa untuk pelaksanaan Pilgub besok. Semua tokoh agama yang hadir berharap, agar besok Jawa Timur akan mendapatkan pemimpin yang membawa kebaikan untuk warganya dan meningkatkan kesejahteraan.

Baca: Gara-gara Madin, Jamaah Muslimat di Madiun Deklarasi Dukung Gus Ipul Jelang Coblosan

Sementara itu, calon gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa dalam deklarasinya mengatakan dalam pilkada ini diawali dengan deklarasi kampanye damai, anti kampanye hitam dan politik uang. 

"Seluruh perjalanan selama 126 hari kampanye sudah kami lalui, besok masuk ke momen pemilihan. Tentu kami berdua bersama warga Jawa Timur memiliki kepentingan politik demokratias, namun tagline guyub rukun Pilgub Jatim harus dijunjung tinggi," kata Khofifah.

Menurutnya, perbedaan pilihan tetap harus memposisikan seluruh warga Jawa Timur dalam persatuan yang terjaga.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved