Soekarwo Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2018, Ini Prestasi Pakde Karwo untuk Jawa Timur

Soekarwo berhasil meraih peringkat pertama Penghargaan Nirwasita Tantra 2018 yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup.

Soekarwo Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2018, Ini Prestasi Pakde Karwo untuk Jawa Timur
ISTIMEWA
Pakde Karwo menerima peringkat pertama Penghargaan Nirwasita Tantra 2018 dari Wapres RI, Jusuf Kalla 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo berhasil meraih peringkat pertama Penghargaan Nirwasita Tantra 2018 yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup.

Penghargaan diberikan kepada Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, karena ia dinilai berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan.

"Selama 10 tahun, Pemprov Jatim di bawah kepemimpinan Pakde Karwo terus melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup di masa depan melalui peningkatan kemampuan kapasitas lingkungan menjadi lebih baik," kata Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Jawa Timur, Aries Agung Paewai, Senin (14/1/2019).

Sebulan Jelang Pakde Karwo-Gus Ipul Purna, DPRD Jatim Belum Dapat Jadwal Pelantikan Gubernur Baru

Peningkatan kapasitas ini, lanjut Aries dilakukan melalui berbagai cara, yakni menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah pusat, kabupaten/kota, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat, LSM, serta kerja sama dengan luar negeri.

Selain itu, berbagai isu pencemaran lingkungan yang ada di Provinsi Jawa Timur seperti penurunan kualitas air dan pengelolaan sampah dan limbah B3, terus mendapat perhatian serius dari Pemprov Jawa Timur.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya patroli air terpadu dengan menggandeng langsung pihak kepolisian, LSM, dan Dinas Lingkungan Hidup di kab/kota yang rutin melakukan patroli seminggu sekali di daerah-daerah yang dicurigai memiliki potensi limbah besar.

Ikuti Keputusan INACA, Harga Tiket Penerbangan Jakarta-Banyuwangi Turun

Rayakan Natal dan Tahun Baru, PLN Group di Jawa Timur Adakan Bakti Sosial dan Tali Asih ke Pensiunan

Dari Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Provinsi Jawa Timur tahun 2017, dapat diperoleh gambaran pencapaian kinerja program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Jawa Timur.

Capaian ini meliputi Indeks Kualitas Air (IKA) sebesar 52,77, Indeks Kualitas Udara (IKU) sebesar 85,49, dan Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL) sebesar 62,02.

Dari data tersebut, diperoleh nilai IKLH sebesar 66,29 (kategori cukup baik) melebihi target RPJMD (64,0 - 65,5).

"Pemprov Jatim juga mendesain peningkatan kualitas lingkungan dengan cara membagi zona upah tenaga kerja. Melalui pembagian tersebut diharapkan pabrik dan industri di Jatim tidak berkumpul di satu wilayah saja," ucap Aries.

Surabaya Dapat Penghargaan Lagi, Tri Rismaharini: Sekarang Saya Bingung Narohnya

Pembelajaran Sejak Dini, Siswa SD di Gresik Belajar Lingkungan di Sekitar Sungai Brantas

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved