Swadaya Pangan, Petrokimia Gresik Bentuk Kampung Petroganik Ajarkan Olah Tanah Sampai Cara Panen

Direksi PT Petrokimia Gresik (PG) menggelar panen raya di Kampung Petroganik, Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.

Swadaya Pangan, Petrokimia Gresik Bentuk Kampung Petroganik Ajarkan Olah Tanah Sampai Cara Panen
ISTIMEWA
Dirsar PG Meinu Sadariyo bersama Bupati Jombang dalam panen raya, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Direksi PT Petrokimia Gresik (PG) menggelar panen raya di Kampung Petroganik, Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.

Di Kampung Petroganik ini petani diajarkan cara pengolahan tanah, pemilihan benih unggul, pola pemupukan dan cara panen yang baik.

Direktur Pemasaran PG, Meinu Sadariyo menyatakan, Kampung Petroganik merupakan program edukasi, sosialisasi, dan promosi yang bekerjasama dengan distributor PG untuk petani di wilayahnya.

"Program ini telah berjalan sejak 2014. Tujuannya untuk membina petani padi, mulai dari pengolahan tanah, pemilihan benih unggul, pola pemupukan, hingga panen," kata Meinu, melalui rilis Humas PG, Selasa (12/3/2019).

Lebih lanjut Meinu mengatakan, Kampung Petroganik juga sebagai bentuk dukungan Petrokimia Gresik terhadap program peningkatan produksi pangan (P4) pemerintah.

Bermitra Dengan ABI, TPG Gandeng Asita Jatim Tawarkan Asuransi Perjalanan Untuk Wisatawan

Siaga Bencana Kebakaran, Direksi PG Ikut Simulasi Pemadaman Kebakaran

Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pangan nasional melalui pengawalan kegiatan budidaya pertanian.

"Program ini merupakan sarana untuk mengubah pola pikir petani, dari semula hanya menggunakan pupuk anorganik, kini sudah harus menerapkan pemupukan berimbang, yaitu dengan menambahkan pupuk organik dalam setiap budidaya pertanian," katanya.

Pemupukan berimbang ini merupakan perpaduan antara pupuk organik, yang berfungsi memperbaiki kesuburan tanah, dengan pupuk anorganik sebagai penyedia unsur hara tanaman.

Adapun pola pemupukan berimbang yang direkomendasikan PG yaitu 5:3:2.

Yaitu 500 kg pupuk organik Petroganik, 300 kg pupuk NPK Phonska dan 200 kg pupuk Urea untuk setiap satu hektar lahan sawah.

Targetkan 70 Ribu Ton, Petrokimia Gresik Mulai Gencar Menjual NPK Phonska Plus

Tanpa Petrokimia Gresik, Gelaran Final Four Proliga 2019 Bakal Diadakan di Kediri

Halaman
12
Penulis: Sugiyono
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved