BREAKING NEWS, Kebakaran Meluas, Jalur Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total

Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS) memutuskan menutup jalur pendakian menuju Gunung Semeru per hari ini

BREAKING NEWS, Kebakaran Meluas, Jalur Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total
ISTIMEWA
Kebakaran hutan terjadi di jalur pendakian Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Berdasarkan surat yang dikeluarkan Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), kebakaran hutan terjadi di lokasi Sumber Mani - Arcopodo - Kelik. Lokasi ini berada di atas Ranu Kumbolo, dan sebelum Puncak Mahameru (3.676 Mdpl). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS) memutuskan menutup jalur pendakian menuju Gunung Semeru per hari ini hingga batas yang tak ditentukan. Keputusan tersebut diambil lantaran kawasan Semeru dilanda kebakaran hutan sejak Kamis (19/9/2019) lalu.

Plt Humas TNBTS Achmad Arifin menerangkan kebakaran hutan di kawasan Semeru telah mencapai Ranu Kumbolo. Demi keamanan, opsi penutupan jalur pendakian lantas diambil.

"Penutupan ini demi keselamatan dan optimalisasi penanganan kebakaran hutan di kawasan Semeru," kata Arifin, Minggu (22/9/2019).

Ia belum mau menyebut luasan hutan yang terbakar di gunung tertunggi pulau Jawa itu. Yang jelas kata Arifin, tim pemadam api sedang bekerja di lapangan.

"Kami akan update. Sedang kami hitung saat ini berapa luasannya," ucapnya.

Ngontel Bareng Jogo Jawa Timur, Gubernur Khofifah Ibaratkan Roda Sepeda Layaknya Roda Kehidupan

Keluarga Siapkan Bantuan Hukum untuk Imam Nahrawi, 99 Advokat Sudah Tawarkan Diri

Ratusan Santri di Magetan Salat Mohon Hujan, Kepanasan Banyak Santri Pingsan

Arifin mengatakan petugas pemadam menemui kesulitan lantaran api berada di medan yang terjal dan sulit dijangkau. Hari ini misalnya, tim pemadam berkonsentrasi pada api di kawasan Gunung Kepolo dan Kalimati.

"Yang kami utamakan adalah keselamatan dulu dan prioritas pada daerah yang mudah dijangkau. Selain itu kami mencegah semaksimal mungkin agar tidak meluas," imbuhnya.

Angin yang cukup kencang kata Arifin, menjadi kendala pemadaman api.

Sebelumnya, TNBTS membatasi pendakian menuju Mahameru dibatasi hanya sampai Ranu Kumbolo. Hal ini lantaran terjadi kebakaran di kawasan Kalimati.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved