Info Sehat

Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Senja dengan Menjaga Kepadatan Tulang Sejak Dini

Kondisi osteoporosis terjadi ketika kualitas kepadatan tulang menurun ini sehingga membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Senja dengan Menjaga Kepadatan Tulang Sejak Dini
dbagus.com
Ilustrasi Osteoporosis - Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Senja dengan Menjaga Kepadatan Tulang Sejak Dini 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Osteoporosis merupakan penyakit yang kerap terjadi pada orang tua.

Kondisi ini terjadi ketika kualitas kepadatan tulang menurun ini sehingga membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Dr Heri Suroto dr SpOT (K) spesialis orthopedi konsultan mengatakan, salah satu faktor resiko terkena osteoporosis ialah usia.

"Perempuan rentan terkena osteoporosis pada lima tahun setelah menopause. Sementara laki-laki mulai rentan ketika usia andropause (kondisi menurunnya kadar hormon testosteron) yaitu sekitar usia 70 tahun," ungkap dokter RSUD Dr Soetomo ini.

Tulang, jelas Dokter Heri, merupakan jaringan yang hidup karena dinamikanya aktif. Dinamika itu, lanjutnya, mengalami remodeling, yaitu proses pembongkaran dan pembentukan.

"Pembongkaran tulang dilakukan untuk mengganti tulag yang sudah tua menjadi baru. Tulang yang dibongkar tanpa pembaruan, membuat tulang cepat keropos," ungkapnya.

8 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, Mencegah Osteoporosis hingga Sebagai Antioksidan!

Oleh karena itu, keduanya harus seimbang. Pada usia tua, lanjutnya, keseimbangan tulang berubah dari positif menjadi negatif. Artinya, tulang lebih banyak dibongkar daripada dibentuk. Oleh karena itu, faktor resiko osteoporosis ialah usia.

Kesehatan tulang di usia tua, Dokter Heri menuturkan, ditentukan dari kepadatan tulang yang dibentuk ketika muda.

Olahraga dan Penuhi Inti Kalsium

Untuk membentuk kepadatan tulang di usia muda, dapat dilakukan melalui olahraga dan memenuhi inti kalsium yang dibutuhkan tulang.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved