Breaking News:

Tangani Banjir di Jabodetabek, Kantor SAR Surabaya Kirim 6 Personil ke Jakarta

Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search And Rescue (SAR) Surabaya mengirim sejumlah personil ke Jakarta.

istimewa
Briefing pemberangkatan personil Kantor SAR Surabaya menuju ke Jakarta dalam rangka membantu evakuasi korban banjir. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search And Rescue (SAR) Surabaya mengirim sejumlah personil ke Jakarta.

Satu tim Search And Rescue (SAR) yang berjumlah enam orang tersebut diberangkatkan ke Jakarta melalui jalur udara pada, Kamis (2/1/2020) malam.

Komandan tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor SAR Surabaya, Wasis mengatakan, semua anggota tim Search And Rescue (SAR) telah dibekali alat perlindungan diri seperti helm safety, life jacket, booties, serta peralatan untuk pertolongan seperti tali webbing, carabiner, headlamp, senter, matras, dan throw bag.

"Selain itu para personil yang dikirim tersebut kita minta agar juga mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Karena ketinggian air mencapai 1 meter bahkan beberapa lokasi bisa lebih dari itu. Jadi kondisi fisik dan stamina para penolong (rescuer) juga penting untuk diperhatikan ketika melakukan operasi agar kuat dalam menghadapi medan dan cuaca yang tidak menentu," ujar Wasis kepada TribunJatim.com, Jumat (3/1/2020).

Sebelum Pilih Skincare, Yuk Kenali Lebih Dulu Jenis Kulitmu!

Ayo Cermat Memilih Skincare! Skincare Bahan Natural Tak Jamin Kulit Bebas Masalah

Di lain pihak, Kepala Seksi Operasi dan Kesiapsiagaan Kantor SAR Surabaya, Al Amrad menjelaskan, perbantuan tenaga personil ini dilakukan atas permintaan dari kantor Basarnas pusat.

Ingat! Tilang Elektronik di Surabaya Akan Diterapkan Mulai Januari 2020

Melukis untuk Menyembuhkan, Rahmawati Riree Bercerita dengan Kanvas

"Di mana kantor Basarnas pusat meminta agar beberapa kantor SAR yang lain dapat membantu Kantor SAR Jakarta menghadapi banjir yang sedang terjadi. Kantor SAR yang diminta untuk mengirimkan personilnya adalah Kantor SAR Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lampung, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Mataram, Balikpapan, Bandung, dan Surabaya," terang Al Amrad.

Al Amrad menambahkan, bahwa personil bantuan tersebut akan ditempatkan di Kota Jakarta hingga pertengahan bulan Januari.

"Diperkirakan cuaca ekstrem terjadi hingga pertengahan bulan ini sehingga rencananya bantuan tenaga personil akan berada di Jakarta sampai pertengahan bulan Januari ini," tandasnya.

Gara-gara Anak Bawa Lilin, Mobil Toyota Kijang Hangus Terbakar di Trenggalek

Eksekusi Gedung Astranawa Surabaya, SCWI Temukan Unsur Gratifikasi: Harusnya Jadi Aset Pemkot

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved