Musim Penghujan, Kementan: Pasokan Bawang Merah dan Cabai Tetap Aman di Probolinggo

Kementerian Pertanian harus menjamin ketersediaan bahan pangan termasuk cabai dan bawang merah untuk rakyat Indonesia.

ISTIMEWA
Saat musim hujan di awal tahun 2020, Petani Probolinggo mengatasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan menggunakan kelambu, sehingga pasokan bawang merah tetap aman. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Hujan dengan intensitas tinggi diprediksi masih mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia hingga bulan Maret khususnya juga di daerah kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Berkaca dari kondisi itu serta juga sekaligus sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Indonesia Dr Syahrul Yasin Limpo, maka Plt. Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementrian Pertanian, Sukarman menegaskan, bahwa Kementerian Pertanian harus menjamin ketersediaan bahan pangan termasuk cabai dan bawang merah untuk rakyat Indonesia.

Pembangunan Gedung Malang Creative Center Fix di Eks Gedung PDAM, Ada Penawaran Lelang

Hasil Razia Satpol PP Kota Mojokerto, 11 Pelajar Bolos Sekolah Bawa Tisu Ajaib di Dalam Tas

Langkah-langkah mitigasi khusus dilakukan terhadap daerah-daerah terdampak banjir, longsor atau bencana lingkungan lainnya akibat cuaca ekstrim khususnya di wilayah Probolinggo.

“Kami sudah terjunkan tim pusat untuk memantau kondisi pertanaman di Probolinggo. Ratusan hektare hamparan bawang merah varietas biru lantjor secara umum terpantau aman terkendali meski hujan deras mengguyur daerah tersebut sejak kemarin," kata Sukarman, saat di konfirmasi di Surabaya, Kamis (16/1/2020).

Satpol PP Kota Kediri Temukan Pasangan Bukan Suami Istri Berduaan di Kamar Kos

Penyedia Kamar Kos Rp 15 Ribu Per Jam Langganan Pasangan Bukan Suami Istri Dibawa Polres Tulungagung

Adanya pergerakan harga bawang merah di beberapa hari terakhir ini, dikatakan Sukarman, masih terbilang wajar.

Melihat kecenderungan pasokan yang ada, diperkirakan harga akan menurun dalam beberapa pekan depan.

“Sejauh ini terjadi tren penambahan luas tambah tanam (LTT) bawang merah di Probolinggo hingga akhir Januari nanti. Langkah ini dilakukan untuk mengamankan stabilitas pasokan sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, Sahrul Yasin Limpo,” jelas Sukarman.

Sukarman juga mengatakan, bahwa varietas bawang merah biru lantjor asal Probolinggo menjadi andalan dan diminati pasar ekspor.

Beberapanya telah sampai ke Thailand dan Singapura.

“Kawasan Probolinggo dikenal sebagai salah satu sentra off season, artinya justru banyak menanam saat musim hujan. Kalau terkait antisipasi terhadap serangan penyakit, para petani bawang merah di Probolinggo sudah terkenal tangguh. Petani banyak yang menggunakan kelambu untuk mengatasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT),” tutur Sukarman.

Nasib Kasir Toko Furniture Informa di Surabaya yang Curi Uang dari Kartu Kredit Customer Rp 3,1 Juta

Kasir Toko Furniture Informa Curi Data & Uang Kartu Kredit Customer, Jumlahnya Sampai Jutaan Rupiah

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved