Virus Corona di Indonesia

Lion Air Group Terapkan Pengaturan Jarak Aman Di Pesawat, Ini Yang Wajib Diketahui Penumpang

Lion Air Group yakni Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) telah menerapakan pengaturan

Lion Air Group Terapkan Pengaturan Jarak Aman Di Pesawat, Ini  Yang Wajib Diketahui Penumpang
ISTIMEWA
ILUSTRASI pesawat Lion Air. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lion Air Group yakni Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) telah menerapakan pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang (physical distancing) dalam operasional penerbangan.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Hal tersebut dikatakan langsung oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

"Guna mencegah penyebaran virus Corona, Lion Air Group telah penerapkan sistem kebijakan jarak aman di dalam pesawat, yang dimana berlaku untuk diseluruh sistem pengaturan nomor kursi saat penumpang melakukan pelaporan (check-in)," kata Danang, Kamis (26/3/2020) saat dikonfirmasi di Surabaya.

Berkaca dari hal itu pula, dikatakannya maka penumpang perlu memperhatikan beberapa hal terkait dalam sistem pengaturan tempat duduk bagi penumpang di dalam kabin, antara lain, meliputi:

Cegah Sebaran Corona, Lion Air Terapkan Jarak Aman Mulai Ruang Tunggu Hingga di Kursi Pesawat

Pemakaman Pasien Covid-19 di Sidoarjo Terkendala, Dinkes Bakal Siapkan Personel dan Area Khusus 

Pilkades Serentak 2020 di Sidoarjo Resmi Ditunda Cegah Corona, Bupati Cak Nur: Demi Kebaikan Bersama

Yang pertama, kursi yang berada di baris (row) pintu dan jendela darurat (emergency exit door and window) harus terisi, dengan kriteria dewasa (minimal 18 tahun).

"Terkait kriteria dewasa (minimal 18 tahun) itu diutamakan untuk penumpang yang tidak bepergian bersama keluarga, memenuhi ketentuan fisik (kondisi sehat jasmani dan rohani), orang berprofesi militer atau polisi, awak pesawat yang tidak bertugas (crew member) dan memahami instruksi dari awak kabin dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris," ujarnya.

Yanga kedua, masih kata Danang, bagi penumpang yang membutuhkan penanganan khusus (special handling) tetap harus mengikuti arahan dan instruksi awak kabin.

"Dan untuk yang ketiga, barang bawaan penumpang harus diletakkan ditempat penyimpanan bagasi di atas atau di bagian bawah depan kursi penumpang (agar tidak menghalangi pergerakan dalam keadaan darurat)," tambahnya.

Danang juga mengatakan, dengan berlakunya kebijakan tersebut maka diharapkan penyebaran virus corona pun tidak dapat terjadi.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved