Petambak Ikan Kerapuh Lamongan Beberkan Kesulitan di Depan Menteri KKP Edhy Prabowo

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berkunjung ke Lamongan, tepatnya di Labuhan Kecamatan Brondong Lamongan Jawa Timur.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/M SUDARSONO
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo saat berkunjung di Tuban, Rabu (8/7/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berkunjung ke Lamongan, tepatnya di Labuhan Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Kedatangan Prabowo dimanfaatkan para pembudidaya ikan kerapuh yang meminta agar Desa Labuhan, Kecamatan Brondong dijadikan salah satu wilayah budidaya ikan kerapuh, Rabu (8/7/2020).

Salah seorang pembudidaya ikan Kerapuh, Karno yang meminta agar Labuhan dijadikan wilayah budidaya kerapuh, lantaran pembudidaya ikan kerapuh di desa yang ada di wilayah Pantura Lamongan ini juga sudah mulai menjamur.

Keluhan lain disampaikan Karno, bahwa para pembudidaya ikan Kerapuh di Lamongan menemui kesulitan untuk menjualnya, karena rimbunnya aturan.

"Kami memohon petunjuk Pak Menteri, kami ini masih kesulitan untuk menjual hasil budidaya karena banyaknya aturan untuk ekspor ikan," kata Karno saat tanya jawab dengan Edy Prabowo.

Seyogjanya pemerintah mempermudah ekspor ikan kerapuh, termasuk pengurusan ijin bagi petambak ikan kerapuh dipermudah.

Mendikbud Nadiem Makarim Beri Keringanan Biaya Kuliah Semester Ganjil, Simak Syarat dan Alurnya!

BREAKING NEWS - Bupati Lumajang Thoriqul Haq Diperiksa Cyber Crime Polda Jatim

BREAKING NEWS - 21 ASN Pemprov Jatim Terpapar Virus Corona, Termasuk Kepala Bappeda

"Ada 21 perizinan yang harus tempuh untuk bisa menjadi petambak kerapuh, maka kami meminta agar pemerintah menyederhanakan proses perizinan ini," seloroh Masudi, petani budidaya kerapuh lainnya.

Menanggapi permintaan petambak, Menteri KKP Edhy Prabowo mengatakan, sejak pintu ekspor ikan Kerapuh dibuka, ekspor ikan kerapuh Indonesia saat ini naik 5 persen.

"Ikan kerapuh akan mahal harganya jika dijual dalam keadaan hidup, " kata Edhy Prabowo kepada TribunJatim.com.

Untuk itu langkah pertama yang dilakukan adalah menggaet pembeli ikan kerapuh ke indonesia dan ke depan agar pembeli ikan menyiapkan kapalnya untuk mengangkut ikan.

Pihaknya mengaku sudah menyederhanakan aturan-aturan yang ada. Kementrian Kelautan dan perikanan juga sudah membuat MoU dengan Kapolri dan sepakat jika ada kekurangan perizinan hanya diberikan pembinaan.

"KKP juga membuat kesepakatan dengan Kejaksaan," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Edhy menyatakan, kedatangannya ke Lamongan setelah dari Tuban dimaksudkan untuk mengetahui problem yang dihadapi para petambak kerapuh, terutama di Lamongan.

"Kementerian sudah memberi banyak kemudahan dalam hal modal karena hanya dibebani bunga 3 persen pertahun, jika mengajukan kredit di bank, " katanya kepada TribunJatim.com.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan yang tetap memperhatikan kesejahteraan para Petambak. Khofifah berharap kepada Menteri KKP agar sering berkunjung ke Jawa Timur untuk memberikan penguatan kepada petani Tambak ikan Kerapuh, terutama di Lamongan.

"Di tengah-tengah pandemi ini kami berterima kasih kepada Menteri KKP masih melaksanakan kunker di wilayah Jatim, dengan kehadiran Menteri KKP dapat memberikan semangat bagi para nelayan dan pembudidaya," ungkapnya.

Sementara, Bupati Lamongan Fadeli mengungkapkan, 60 persen wilayah Lamongan merupakan wilayah sawah dan tambak yang dibelah oleh Bengawan Solo. Terkait budidaya ikan kerapuh, Fadeli menyebut harus terus dikembangkan karena hasil pertahunnya sangat kecil.
"Lamongan ada 5 TPI dalam penjualan hasil ikan laut, bagi pembudidaya, pengerukan tambak sangat diperlukan bagi nelayan," jelasnya.

Sebelum berdialog, Edhy Prabowo juga melaksanakan peninjauan tambak ikan kerapuh. Rombongan Menteri KKP juga berkesempatan untuk melakukan penebaran benih ikan kerapuh bersama dengan Gubernur Jawa Timur dan Bupati Lamongan.

Edhy Prabowo juga melakukan penyerahan pinjaman modal kerja oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI kepada kelompok budidaya ikan Lamongan. (Hanif Manshuri/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved