Breaking News:

Hari Raya Idul Adha 2020

Ini Kegiatan Idul Adha di Lapas Klas I Lowokwaru Malang, Takbiran Keliling hingga Sembelih Kurban

Lapas Klas I Lowokwaru Malang gelar penyembelihan hewan kurban selama dua hari berturut turut. Hal itu karena banyaknya hewan yang akan disembelih.

TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Penyembelihan hewan kurban di Lapas Klas I Lowokwaru Malang, Sabtu (1/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Lapas Klas I Lowokwaru Malang gelar penyembelihan hewan kurban selama dua hari berturut turut.

Kepala Lapas Klas I Lowokwaru Malang, Anak Agung Gde Krisna mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian pembinaan kerohanian.

"Di mana rangkaian kegiatan Idul Adha di Lapas Klas I Lowokwaru Malang diawali pada Kamis (30/7/2020) malam. Dengan melakukan kegiatan takbir keliling di seluruh blok hunian warga binaan. Dan hal tersebut baru pertama kali dilakukan, karena tahun-tahun sebelumnya hanya dilakukan takbir di masjid lapas," ujarnya kepada TribunJatim.com, Sabtu (1/8/2020).

Rangkaian yang kedua adalah pelaksanaan salat Idul Adha di masjid lapas pada Jumat (31/7/2020) pagi. Dengan diikuti kurang lebih sebanyak seribu warga binaan.

"Memang kami sengaja tidak melibatkan seluruh warga binaan saat pelaksanaan salat Idul Adha di masjid lapas. Karena saat ini sedang pandemi Covid-19, jadi kami harus melakukan protokol kesehatan yaitu jaga jarak (physical distancing) dalam pelaksanaan salat Idul Adha tersebut. Sehingga kami harus membatasi jemaah warga binaan yang melakukan salat Idul Adha di masjid lapas," tambahnya.

Libur Idul Adha, Arus Kendaraan Menuju Kota Malang naik 40 Persen, Didominasi Kendaraan Roda Empat

Stasiun Kota Baru Malang Sediakan Rapid Test Virus Corona untuk Penumpang, Harganya Lebih Murah!

Seusai pelaksanaan salat Idul Adha, barulah kegiatan pemotongan hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Kegiatan pemotongan hewan kurban dilakukan selama dua hari, karena banyaknya hewan kurban yang disembelih.

"Jumlahnya ada 4 ekor sapi dan 31 ekor kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari sumbangan masyarakat sekitar, Pemkot Malang, Polresta Malang Kota, teman-teman petugas lapas, serta warga binaan," jelasnya.

Tiga Jabatan Kepala OPD di Pemkot Malang Kosong, Sutiaji Belum Bisa Gelar Lelang Jabatan Terbuka

Didesak Dewan Buat Kebijakan Parkir, Pemkot Malang Bakal Terapkan e-Parkir di Sejumlah Titik

Dirinya berharap, kegiatan Idul Adha tersebut dapat membawa berkah bagi warga binaan yang ada di Lapas Klas I Lowokwaru Malang.

"Dengan rangkaian kegiatan tersebut, kami berharap para warga binaan tidak merasakan kehilangan suasana Idul Adha. Meskipun saat ini mereka berada di dalam lapas dan sedang menjalani masa hukuman pidananya," pungkasnya.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved