Breaking News:

Pilkada Blitar

KPU Minta Saran Perbaikan ke Bawaslu soal Temuan Data Pemilih Tak Penuhi Syarat Pilwali Blitar 2020

Kota Blitar termasuk salah satu daerah yang terdapat temuan dalam pelaksanaan coklit data pemilih yang dirilis Bawaslu RI.

TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ninik Sholikhah, Rabu (22/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Bawaslu RI merilis sejumlah temuan dalam pengawasan pelaksanaan pencocokan dan penelitian ( coklit ) data pemilih di Pilkada Serentak 2020.

Kota Blitar termasuk salah satu daerah yang terdapat temuan dalam pelaksanaan coklit data pemilih yang dirilis Bawaslu RI.

Dalam rilis itu, Bawaslu menemukan sejumlah data pemilih yang perlu diperbaiki di Kota Blitar.

Di antaranya data pemilih pemula 25 pemilih, data tidak memenuhi syarat (TMS) 250 pemilih, data pemilih di bawah 17 tahun satu pemilih, dan data pemilih khusus (DPK) 2019 ada empat pemilih.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ninik Sholikhah mengaku sudah menerima data rilis dari Bawaslu RI.

Terkait data itu, KPU masih meminta saran perbaikan dari Bawaslu Kota Blitar.

Peringati HUT RI ke-75, Polres Blitar Kota Gelar Khitan Massal dan Beri Bantuan Paket Data Internet

Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Kota Blitar, Banyak Siswa Belum Dapat Izin Orangtua

"Kami sudah mengirim surat ke Bawaslu Kota Blitar, intinya minta saran perbaikan terkait rilis yang disampaikan Bawaslu RI ke KPU RI. Ada beberapa temuan untuk Kota Blitar, di antaranya pemilih TMS, pemilih pemula, pemilih di bawah 17 tahun, dan DPK," kata Ninik Sholikhah, Selasa (18/8/2020).

Dikatakannya, KPU juga meminta data rinci terkait rilis dari Bawaslu RI ke Bawaslu Kota Blitar. Sebab, data temuan yang disebutkan dalam rilis Bawaslu RI hanya berupa angka.

"Kami minta data rincinya, by name by address. Datanya akan kami sandingkan dengan data di KPU, apakah sudah masuk di data kami apa belum. Kalau disandingkan dan sudah masuk, berarti sudah tercoklit," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved