Breaking News:

Surat Pengunduran Dari Gubernur Keluar, DPRD Kota Blitar Tunggu Usulan Partai PAW Yasin

DPRD Kota Blitar sudah menerima surat keputusan pengunduran diri Yasin Hermanto sebagai anggota dewan dari Gubernur Jatim.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/Samsul Hadi
Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim. 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - DPRD Kota Blitar sudah menerima surat keputusan pengunduran diri Yasin Hermanto sebagai anggota dewan dari Gubernur Jatim.

Sekarang, DPRD masih menunggu surat usulan dari DPC PKB Kota Blitar untuk memproses pergantian antar waktu (PAW) untuk Yasin.

"Surat dari Gubernur terkait pengunduran diri Pak Yasin sudah keluar, kami sudah menerima tembusannya. Terkait proses PAW untuk Pak Yasin, kami menunggu surat usulan dari partai yang bersangkutan," kata Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim, Selasa (3/11/2020).

Syahrul mengatakan, tidak ada batas waktu untuk pengusulan PAW dari partai ke DPRD. Pengusulan PAW menjadi wewenang masing-masing partai. Mekanisme tiap partai terkait PAW juga berbeda.

"Mekanisme masing-masing partai berbeda, apakah harus ada rekomendasi dari DPP atau cukup dari DPC saja. Itu wewenangan di masing-masing partai," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Polsek Klojen Tangkap Kuli Bangunan Pengedar Double L

Baca juga: Musibah Kecelakaan Laut Speedboat di Sulteng Tewaskan Cawabup Asgar Badalia, Berikut Data Korbannya

Baca juga: Teddy Suami Lina Muncul Jelang Pernikahan Sule-Nathalie, Bahas Harta Gono-Gini, Putri Ambil Semua

Dikatakannya, setelah ada surat usulan dari partai, DPRD akan berkonsultasi ke KPU. Konsultasi itu untuk memastikan nama yang diusulkan di PAW memang benar peserta pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

Setelah itu, DPRD akan mengirim surat usulan dari partai ke Wali Kota dan diteruskan ke Gubernur.

"Kalau sudah ada surat usulan dari partai, baru ada batas waktu untuk memproses PAW. Tapi, untuk surat usulan dari partai ke dewan tidak ada batas waktunya," katanya kepada TribunJatim.com.

Syahrul memastikan meski ada satu anggota yang kosong tidak akan mempengaruhi kinerja di DPRD Kota Blitar. Apalagi kekosongan itu ada pada posisi pimpinan DPRD.

"Kalau hanya satu anggota yang kosong tidak berpengaruh terhadap kerja dewan. Apalagi posisi Pak Yasin sebagai pimpinan. Masih ada dua pimpinan dewan lagi yang bisa mengkover kerja dewan," ujarnya.

Seperti diketahui, Yasin Hermanto mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kota Blitar karena maju menjadi calon wakil wali kota mendampingi calon wali kota, Henry Pradipta Anwar di Pilwali Blitar 2020. Yasin merupakan anggota DPRD Kota Blitar dari Fraksi PKB periode 2019-2024.

Di DPRD, Yasin menjabat sebagai wakil ketua I. Yasin juga menjabat sebagai ketua tanfidz DPC PKB Kota Blitar. (sha/Tribunjatim.com)

 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved