Breaking News:

Soroti Longsor dan Banjir, DPRD Batu Ingatkan Pemkot Serius Perhatikan Keseimbangan Lingkungan

Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Sudjono Joenet meminta agar Pemkot Batu betul-betul serius menangani persoalan sampah dan sistem jaringan drainase.

SURYA/BENNI INDO
Anggota DPRD Batu, Sudjono Jonet berbicara dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batu, Aries Setiawan saat inspeksi Hutan Kota Batu, Selasa (12/1/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Sejumlah peristiwa longsor yang terjadi di Kota Batu harus menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Batu.

Pasalnya, bencana alam sangat mengancam keselamatan jiwa orang ataupun masyarakat.

Terbaru, longsor terjadi di Jalan Brigjen Moh Manan yang mengakibatkan jalur Kota Batu dan Kecamatan Pujon di Kabupaten Malang sempat terputus beberapa jam.

Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Sudjono Joenet meminta agar Pemkot Batu betul-betul serius menangani persoalan sampah dan sistem jaringan drainase di Kota Batu.

Katanya, persoalan sampah dan jaringan drainase di Kota Batu belum digarap secara baik. Bencana banjir dan longsor diduga kuat terjadi karena dua persoalan tersebut.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, China Bangun Rumah Sakit dalam 5 Hari, 6 Lokasi Lain Siap Minggu Depan

Baca juga: Hujan Seharian di Kota Batu akibatkan Longsor di Kawasan Payung, Jalur Sempat Terputus

Dikatakan Jonet, secara geografis Kota Batu berada di ketinggian dan sejumlah mata air terdapat di Kota Batu.

Satu di antaranya adalah mata air Sungai Brantas yang terdapat di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji. Namun justru belakangan longsor banyak terjadi di kawasan Kecamatan Bumiaji.

“Jadi, apa yang sebenarnya terjadi di atas sana?” Jonet bertanya-tanya.

Dari peristiwa alam tersebut, Jonet menyimpulkan adanya ketidakberimbangan kondisi lingkungan di Kota Batu, terutama di kawasan atas.

Di sisi lain, Kota Batu dilintasi aliran Sungai Brantas sehingga sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai muara dari aliran drainase.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved