Breaking News:

Berita Kota Malang

MUI Kota Malang Izinkan Salat Idul Fitri 1442 H Digelar di Masjid: Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

MUI Kota Malang izinkan salat Idul Fitri 1442 H digelar di masjid: Wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona).

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Ilustrasi suasana salat Idul Fitri 1440 H di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Rabu (5/6/2019). 

Reporter: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang mengizinkan pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H digelar di masjid.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Perubahan SE Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021.

Sinyal adanya lampu hijau tentang pelaksanaan salat Idul Fitri itu disampaikan Wakil Ketua Umum MUI Kota Malang, KH Chamzawi.

"Salat Idul Fitri tahun ini tentunya boleh dilakukan di masjid atau di lapangan terbuka. Namun, harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (4/5/2021).

Ia menjelaskan, karena ada kabar diperbolehkannya pelaksanaan salat Idul Fitri pada tahun ini, maka masjid-masjid yang ada di Kota Malang, juga sudah ada yang melakukan persiapan jadwal khatib.

"Kami optimistis, diperbolehkannya salat Idul Fitri di masjid tidak menjadikan kluster baru dalam kegiatan keagamaan. Seperti salat tarawih selama ini, tetap bisa dilakukan tapi juga dengan prokes," jelasnya.

Dirinya juga menerangkan, semua pihak yang bersangkutan seperti Pemkot Malang atau tokoh agama, sudah saling bersinergi menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu persyaratannya, harus mematuhi aturan prokes seperti jarak shaf salat diatur agar tidak berkerumun, dan jemaah diharuskan tetap menggunakan masker.

Baca juga: Tarawih dengan Pemandangan Pulau Bali di Vila Solong Banyuwangi, Ustaz Yusuf Mansur: Ngangenin Nih

"Yang penting tempatnya sudah ditata sedemikian rupa," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved