Breaking News:

Gempa di Jawa Timur

Gempa Bumi 5,3 SR Guncang Kabupaten Malang dan Sekitarnya, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi 5,3 SR guncang Kabupaten Malang dan sekitarnya, BMKG sebut tak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di 75 kilometer arah selatan Kepanjen

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
warning2.bmkg.go.id
Gempa bumi berkekuatan 5.3 skala richter (SR) mengguncang wilayah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Jumat (22/10/2021). Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangkates mencatat gempa bumi di Kabupaten Malang terjadi pada pukul 09:21 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Gempa bumi berkekuatan 5.3 skala richter (SR) mengguncang wilayah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Jumat (22/10/2021).

Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangkates mencatat gempa bumi di Kabupaten Malang terjadi pada pukul 09:21 WIB.

Pusat gempa berada di 75 kilometer arah selatan Kepanjen, Kabupaten Malang, atau dengan titik koordinat 8.81 LS, 112.49 BT. Gempa cukup terasa sampai ke daerah sekitar Kabupaten Malang.

Kepala Stasiun BMKG Karangkates, Mamuri menerangkan, gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Gempa bumi tektonik pada kedalaman 98 km. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Mamuri ketika dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Gempa Bumi 5,3 SR di Malang Terasa di Blitar, Warga Berlarian Keluar Rumah: Guncangannya Kencang

Mamuri juga berpesan kepada masyarakat agar tetap tenang.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," pesan Mamuri.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved