Breaking News:

Berita Madiun

Pembangunan 2 Minimarket di Winongo Kota Madiun Diprotes Warga, DPRD Rekomendasikan Tak Dilanjutkan

DPRD Kota Madiun menerima keluhan warga Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo terkait pembangunan dua minimarket modern di lingkungannya.

TRIBUNJATIM.COM/Sofyan Arif Candra
Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputro 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - DPRD Kota Madiun menerima keluhan warga Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo terkait pembangunan dua minimarket modern di lingkungannya.

Ketua DPRD Kota Madiun, Andi Raya Bagus Miko Saputro mengatakan penolakan warga terhadap pembangunan dua minimarket modern ini sangat kuat.

"Kami tindak lanjuti dengan forum diskusi menghadirkan Dinas Perdagangan, PTSP, dan sudah kita rekomendasikan untuk itu tidak bisa lanjut," kata Andi, Kamis (6/1/2022) 

Andi menyebutkan kedua minimarket ini sudah dalam proses pembangunan dan perizinan pun telah terpenuhi.

Namun Andi meminta Pemkot Madiun untuk mengkaji dan mempertimbangkan ulang pembangunan dua minimarket modern tersebut karena akan berpengaruh dengan ekonomi kerakyatan di wilayah tersebut.

Baca juga: Warga Winongo Kota Madiun Wadul ke DPRD, Minta Pembangunan Dua Minimarket Dihentikan: Saya Makan Apa

"Izin dasar (sudah) diterbitkan karena minimarket modern termasuk komponen beresiko rendah sehingga berprosesnya (mengurus izin) sangat mudah," lanjut Politisi PDI Perjuangan ini.

Syarat-syarat perizinan pendirian minimarket modern ini menurut Andi juga perlu dikaji ulang sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

"Sementara Perda yang kita perbarui terkait jarak, sudah kita atur supaya lebih jauh dari pasar tradisional maupun antara minimarket satu dengan lainnya," jelas Andi.

Sesuai aturan perda 2017 yang akan diperbarui jarak antar minimarket, 100 meter sedangkan untuk jarak dengan pasar tradisional minimal 300 meter. 

"Dua minimarket ini kalau masalah peraturan jaraknya terpenuhi. Cuma penolakan ini keras di warga serta pedagang di wilayah tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Axioo Kirim 4.880 Laptop Tak Sesuai Spesifikasi ke Pemkot Madiun, Siapkan Tuntutan Rp 70 Miliar

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved