Berita Jember

Banyak Dikeluhkan Warga, 'Jeglongan Sewu' di Kecamatan Ambulu Jember Mulai Diperbaiki

Banyak dikeluhkan warga, jeglongan sewu di Kecamatan Ambulu Jember mulai diperbaiki. Bupati Hendy Siswanto melihat langsung dimulainya pekerjaan.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Jalan rusak di depan Taman Makam Pahlawan Kecamatan Ambulu, Jember. Ruas jalan itu termasuk dalam ruas Ambulu-Blater yang rusak parah, sehingga oleh warga setempat disebut jalur jeglongan sewu, Senin (24/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Jalan rusak atau yang biasa disebut warga jeglongan sewu di Kecamatan Ambulu, Jember, mulai diperbaiki.

Jeglongan sewu merupakan sebutan warga setempat untuk jalan rusak antara Ambulu-Blater.

Jalan sepanjang 7,8 kilometer itu merupakan jalan antarkecamatan, yang menjadi jalur vital bagi warga Kecamatan Ambulu, dan Kecamatan Tempurejo.

Akibat rusaknya jalan tersebut, terutama di sepanjang sekitar 3,8 Km, mulai dari perempatan Ambulu sampai mendekati Balai Desa Andongsari, warga menyebut jalur tersebut dengan nama 'jeglongan sewu'.

Namun mulai pekan ini, jalan tersebut mulai diperbaiki.

Bupati Jember, Hendy Siswanto melihat langsung dimulainya pekerjaan di jalan tersebut, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Seusai Ditanam Pohon Pisang, Jalan Rusak di Betoyo Gresik Akhirnya Diperbaiki

Ruas jalan Ambulu (Kecamatan Ambulu)-Blater (Kecamatan Tempurejo) itu sepanjang 7,8 Km. Pengerjaanya oleh PT Sunan Muria.

Selain mengerjakan ruas Ambulu-Blater, Sunan Muria juga mengerjakan perbaikan jalan di tiga ruas jalan, yakni Karanganyar-Pontang (di Kecamatan Ambulu) sepanjang 850 meter, Langon-SMA Bima sepanjang 1,2 Km, dan Pontang-Sidodadi 718. Nilai proyeknya mencapai Rp 16,4 miliar.

Proyek perbaikan jalan ini merupakan proyek tahun jamak (multiyears) memakai APBD Kabupaten Jember 2021 dan 2022.

"Untuk empat ruas jalan yang kami kerjakan, kami targetkan selesai 15 Juni. Ruas jalan Ambulu-Blater ini, ditargetkan selesai 15 Juni," ujar Manajer Proyek PT Sunan Muria, Santoso kepada Tribun Jatim Network, Senin (24/1/2022).

Sementara itu, Bupati Jember, Hendy Siswanto mengharapkan perbaikan jalan Ambulu-Blater bisa selesai sebelum Lebaran 2022.

"Kalau bisa tiga bulan lah. Jadi Lebaran nanti sudah mulus," kata Hendy Siswanto usai mendengar penjelasan pihak Sunan Muria.

Dalam kesempatan itu, Hendy Siswanto menegaskan, jalan rusak atau jeglongan sewu di ruas jalan tersebut merupakan warisan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved