Berita Kota Batu

Barang Bukti Narkoba Sampai Smartphone Dimusnahkan Kejari Batu Pakai Alat Pirolisis

Kejaksaan Negeri Kota Batu menghancurkan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap di TPA Tlekung, Kamis (14/7/2022).

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Kejaksaan Negeri Kota Batu menghancurkan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap di TPA Tlekung, Kamis (14/7/2022). Pemusnahan barang bukti kali ini prosesnya berbeda dari kegiatan sebelumnya. Kejari Batu memusnahkan barang bukri pakai alat pirolisis 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Kejaksaan Negeri Kota Batu musnahkan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap di TPA Tlekung, Kamis (14/7/2022).

Pemusnahan barang bukti kali ini prosesnya berbeda dari kegiatan sebelumnya. Kejari Batu memilih tempat di TPA Tlekung daripada memusnahkan barang di lingkungan kantor Kejari Batu.

Pemusnahan barang bukti ini menggunakan alat pirolisis yang dibuat oleh PT Arta Asia Putra. Alat ini memungkinkan asap hasil pembakaran yang dilakukan rendah polusi.

Kepala Divisi Manajemen Persampahan PT Arta Asia Putra, Yonanta Kristian menyebut, gas yang keluar sudah tidak memiliki kandungan dioxin furan.

Diterangkan Yonanta, sampah diangkut dari conveyor menuju kotak pembakaran yang ia sebut ruang reaktor.

Di tempat itu, sampah akan mengalami pembakaran dengan panas hingga 900 derajat Celcius. Yonanta menjelaskan pembakaran dominan dilakukan menggunakan karbon.

Baca juga: Polresta Malang Kota dan BNN Kota Malang Blender Barang Bukti 20 Kilogram Sabu

Setelah itu, proses berikutnya adalah pembakaran gas hasil pembakaran. Pembakaran gas inilah membuat uap yang dikeluarkan tidak mengandung dioxin furan.

Dikutip dari lama resmi Kementerian Lingkungan Hidup, dioxin furan adalah kontaminan yang terdeteksi dalam hampir semua kompartemen di dalam ekosistem global dalam jumlah yang sangat kecil.

Senyawa ini dikategorikan ke dalam partikel yang menimbulkan pengaruh cukup signifikan bagi lingkungan. Mesin pengolah sampah itu diberi nama AWS oleh PT Arta Asia Putr. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved