Virus Corona di Jember

Pasar Tanjung Jember Tutup karena Covid-19, Taktik Pedagang Jualan di Trotoar, Satpol Pun Bertindak

Pasar Tanjung Jember ditutup gara-gara wabah Covid-19. Meski begitu pedagang tetap berjualan dan memilih trotoar. Satpol PP pun bertindak membubarkan.

TRIBUNJATIM.COM/SRI WAHYUNIK
Para pedagang Pasar Tanjung Jember memanfaatkan trotoar untuk berjualan setelah pasar itu ditutup sejak Sabtu (23/5/2020) karena wabah Covid-19. Satpol PP Kabupaten Jember pun membubarkan mereka. 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Beberapa orang tetap berjualan di sekitar Pasar Tanjung meskipun pasar induk tersebut tutup, Senin (25/5/2020).

Mereka berjualan di trotoar sisi utara Jalan Trunojoyo yang berdekatan dengan Jalan Dr Wahidin, jalan di sisi timur Pasar Tanjung.

Beberapa pedagang yang masih berjualan antara lain pedagang sayur dan bunga.

Eko Widodo, seorang pedagang sayur mengaku masih tetap berjualan meskipun ada instruksi penutupan Pasar Tanjung. Lelaki itu biasanya berjualan di Jl Dr Wahidin.

"Sekarang kan ditutup dan dilarang berjualan di situ. Ya melipir ke sini," ujar Eko yang ditemui Surya, Senin (25/5/2020) sore.

Dia bersama temannya Fani berjualan di trotoar, di sebelah timur pertigaan Jl Dr Wahidin dan Jl Trunojoyo. Keduanya berjualan sejak pukul 11.00 WIB. Sekitar pukul 16.30 WIB, beberapa personel Satpol PP meminta mereka mengangkuti barang jualan mereka. Hanya beberapa ikat sayur di lapak mereka.

Eko menuturkan dirinya memang nekat tetap berjualan. "Mau gimana lagi. Kalau nggak jualan dapat pendapatan dari mana," ujar Eko.

Dia mengaku mendapatkan penghasilan minimal Rp 200 ribu setiap kali berjualan. Dia hanya menjual sayur segar seperti kangkung, sawi, juga bayam.

Eko juga memilih secara kontinyu menjual sayurnya karena dia menanam sendiri di lahannya di Kelurahan Kebonagung Kecamatan Kaliwates. Karenanya, dia tetap menjual sayur yang telah dipanennya.

"Kalau tidak dipanen dan dijual terus gimana. Malah rusak," imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Adi Sasono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved