Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Inilah Daftar Makanan agar Jantung Sehat Serta Tips Cara Pengolahan yang Benar

Jika sudah didiagnosis menderita penyakit jantung, bukan berarti menyerah dengan keadaan. Anda yang memiliki jantung normal, harus menjaga kesehatan.

Editor: Dwi Prastika
Freepik by suphaporn
Daftar makanan agar jantung sehat. 

TRIBUNJATIM.COM - Tidak ada orang yang menginginkan mengidap penyakit mematikan satu ini.

Namun, jika Anda sudah didiagnosis menderita penyakit jantung, bukan berarti harus menyerah dengan keadaan.

Begitu pula bagi Anda yang masih memiliki jantung normal, harus menjaga kesehatannya .

Salah satu caranya, dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi sekaligus cara pengolahannya yang tepat.

Pasalnya, plak di pembuluh darah jantung terbentuk karena lemak, kolesterol, kalsium, dan mineral yang terkandung dalam makanan. Tak jarang, para ahli kesehatan menyarankan penderita penyakit jantung untuk mengikuti diet jantung, selain prosedur pengobatan.

“Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak terjadi bagi usia dewasa hingga lansia. Salah satu faktor risiko dari penyakit jantung sendiri adalah pola makan yang kurang sehat dan tidak seimbang. Untuk menjaga kesehatan jantung, makanan dan diet memang sangat diperlukan. Menambah konsumsi sayur dan buah sangat disarankan untuk meningkatkan konsumsi kalium, serat, dan vitamin," ujar Nutrisionis Lifepack, Kelvin Halim.

Kelvin Halim menambahkan, kalium berfungsi membantu menjaga keseimbangan cairan dan vitamin sebagai antioksidan bagi kesehatan pembuluh darah. Makanan dengan omega 3 dan protein rendah lemak juga disarankan sebagai anti-inflamasi dan membangun sel tubuh tanpa meningkatkan konsumsi lemak.

Daftar Makanan Diet Jantung

Diet jantung sangat penting untuk mencegah gejala kambuh. Parahnya lagi, jika diet jantung tidak diterapkan, akan berisiko menimbulkan komplikasi, seperti serangan jantung, henti jantung, dan gagal jantung.

Berikut ini adalah tiga poin tujuan pasien kardiovaskular harus menjaga asupan makannya:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved