Breaking News:

Hari Ibu, Khofifah Sebut Bukan Hanya Feminisme Tapi Dekat dengan Semangat Bangun Nasionalisme

Peringatan Hari Ibu dilakukan meriah dan syahdu di Gedung Negara Grahadi, Selasa (22/12/2020).

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Pipin Tri Anjani
SURYA/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam Peringatan Hari Ibu di Gedung Negara Grahadi yang diramaikan penyanyi Dewi Yul dan Vanessa Alexia, Selasa (22/12/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Peringatan Hari Ibu dilakukan meriah dan syahdu di Gedung Negara Grahadi, Selasa (22/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut penampilan tari-tarian, persembahan lagu, hingga penampilan penyanyi kawakan Dewi Yul turut meramaikan peringatan Hari Ibu.

Meski digelar dj tengah pandemi, perayaan Hari Ibu dilakukan dengan tertib menerapkan protokol kesehatan. Peringatan Hari Ibu juga dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Dharma Wanita Persatuan ke 21.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa tema besar peringatan Hari Ibu tahun ini adalah Ibu Berdaya Indonesia Maju.

Ditegaskan Khofifau, Hari Ibu maknanya bukan hanya soal feminisme, melaknkan lebih pada dorongan perempuan sebagai penguat pergerakan membangun bangsa.

Baca juga: Maksimalkan Kinerja, ASN Pemkab Nganjuk Digembleng Jalankan Pekerjaan Berbasis Aplikasi E-Kinerja

Baca juga: Bupati Nganjuk Wajibkan Toko Modern Pasarkan Produk Lokal UMKM Jika Tak Ingin Operasionalnya Distop

"Hari Ibu dekat sekali dengan membangun nasionalisme, membangun persatuan dan kesatuan. Jadi memaknai Hari Ibu jangan hanya feminisme saja tapi tarikan pandangan dari sisi kebangsaan," kata Gubernur Khofifah.

Bukan tanpa alasan, Khofifah mengajak masyarakat yang hadir di forum tersebut untuk melihat sejarah digagasnya peringatan Hari Ibu. Sejak tahun 1928, saat membangun kebersatuan visi misi agar bisa menguatkan pergerakan perempuan maka digelar pertemuan di Jogja.

"Forum itu yang menjadi starting poin penting bagi proses membangun kesadaran kolektif bahwa perempuan harus bergerak," tegas Khofifah.

Baca juga: Penyebaran Covid-19 di Lamongan Tak Terkendali, Petugas Gabungan Diterjunkan Incar Pelanggar Prokes

Baca juga: Sosok yang Diidolakan Aldebaran Ikatan Cinta, Arya Saloka: Idola Lintas Generasi, Baru Terungkap!

Ajakan mengerti sejarah tersebut turut dibacakan di awal kegiatan peringatan Hari Ibu. Dengan harapan terbangun semangat kolegial bahwa perempuan harus bangkit dan bergerak bersama jika ingin Indonesia segera merdeka. Dan itu telah dilakukan.

Sementara itu acara peringatan Hari Ibu di gedung negara Grahadi juga dihadiri artis ibukota Dewi Yull yang menyanyikan lagu-lagu memori lama diantaranya lagu 'Kau Bukan Dirimu' dan 'Jangan Ada Dusta Diantara Kita' dan lain-lain.

Gubernur Khofifah sendiri ketika diminta menyanyikan sebuah lagu memilih lagu berjudul 'Ibu' ciptaan Iwan Fals yang diikuti seluruh peserta peringatan Hari Ibu di Grahadi.

Acara ditutup dengan penampilan Finalis The Voice Indonesia tahun 2016 Vanessa Axelia yang menyanyikan lagu 'Cinta' yang dipopulerkan oleh Vina Panduwinata dan 'Bunda' ciptaan dari Melly Guslaw. (SURYA/Fatimatuz Zahroh)

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved