Breaking News:

Banyak Dikritik Netizen, Ini Alasan Wali Kota Madiun, Maidi Bangun Patung Merlion

Pemerintah Kota Madiun, baru saja meresmikan Patung Merlion ala Singapura. Patung singa berbadan ikan ini dibangun di Jalan Pahawan Kota Madiun

istimewa
Wali Kota Madiun, Maidi meresmikan patung Merlion 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Pemerintah Kota Madiun, baru saja meresmikan Patung Merlion ala Singapura. Patung singa berbadan ikan ini dibangun di Jalan Pahawan atau di Jalan Perintis, tepat berada di jantung Kota Madiun.

Patung Merlion ini menuai pro dan kontra dari masyarakat. Ada yang mengapresiasi dan memuji patung tersebut, namun ada juga yang mengrkitik Pemkot Madiun karena membangun ikon milik negara Singapura tersebut.

Sebelumnya, surya.co.id, pada Sabtu (28/11/2020), sudah pernah meminta komentar dari Wali Kota Madiun terkait banyaknya warga yang mengkritik pembangunan patung Merlion.

Maidi mengatakan, Pemerintah Kota Madiun tidak serta membangun patung Merlion ini tanpa fungsi. Selain mempercantik wajah Jalan Pahlawan, juga sekaligus memanfaatkan arus air yang digunakan untuk wahana arung jeram.

Ia menjelaskan, rencananya di kawasan Sumber Wangi, tepatnya di bawah patung Merlion akan dibangun wisata arung jeram. Patung Merlion tersebut akan memanfaatkan arus sungai kecil di bawah patung, sehingga dapat menyemprotkan air.

"Ini memiliki tiga fungsi, air ini kalau hanya naik ke atas turun untuk arung jeram. Sama-sama naiknya, kita ngangkat air naik terus ngrujugnya, ngrujug untuk arung jeram, lha ngrujugnya ini ditampani tempat wisata yang indah ini," katanya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Video Gisel Pilih Selingkuh Viral setelah Adegan Syur dengan MYD, Pakar Soroti Ekspresi: ke Bawah

Baca juga: Baru Diresmikan, Patung Merlion di Kota Madiun Viral

Baca juga: Update Klasemen Liga Inggris - Liverpool Gagal Menjauh dari Kejaran Mancheseter United

Dia mengatakan, patung Merlion tersebut nantinya akan menjadi pelengkap wahana wisata arung jeram, selain menjadi bagian dari lima ikon dunia yang dibangun di sekitar Jalan Pahlawan.

"Ini sebenarnya, patung ini hanya yang sifatnya memperlengkap. Daripada muncrat ora iso didelok, muncrat ini ditampani, setelah ditampani, bawah untuk arung jeram, gitu lho. Jadi tidak semata-mata itu kekhususan. Saiki sing muncrat sing menarik apa hayo?," katanya.

Maidi menjelaskan, pemanfaatan air dari wahan arung jeram di Sumber Wangi tersebut sebagai ide brilian. Sebab, daripada tidak dimanfaatkan sama sekali, lebih baik dibuat air mancur dengan patung Merlion.

"Jadi gini lho, jadi kalau ini dari bawah ini naik ke atas mung nggrojog tok, sama kan neng pinggir kali. Nek nggrojog tok itu tombro di mana-mana sudah ada, yo to. Hayo opo sing nggrojog liane kui, iyo to. Inilah ide brilian. Ide brilian yang mana, air yang tumpah dimanfaatkan karena di bawah untuk arung jeram.tidak semata-mata ini bangun itu, ini pelengkap, pelengkap air yang naik untuk arung jeram," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved