Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Mengetahui Penyebab, Gejala dan Rekomendasi Obat Asam Lambung

Mengetahui berbagai penyebab, gejala dan rekomendasi obat asam lambung. Hindari makan terlalu banyak sekaligus.

Editor: Dwi Prastika
Shutterstock By CHAjAMP
Penyebab, gejala, dan rekomendasi obat asam lambung. 

TRIBUNJATIM.COM - Asam lambung merupakan salah satu bentuk gangguan pencernaan yang sudah tak asing lagi namanya di telinga masyarakat luas. Seseorang yang menderita asam lambung umumnya akan merasa perih dan nyeri di bagian ulu hatinya. Oleh sebab itu, sebaiknya kenali penyebab, gejala, serta obat asam lambung agar gangguan pencernaan ini bisa cepat diatasi.  

Mengapa Kenaikan Asam Lambung bisa Terjadi?

Asam lambung merupakan penyakit yang mengganggu kinerja lingkaran otot, yang berada di antara esofagus dan lambung. Lingkaran otot tersebut disebut dengan istilah lower esophageal sphincter atau LES. Normalnya, LES akan membuka untuk memungkinkan makanan masuk ke dalam lambung, lalu kemudian menutup, agar makanan dan cairan asam lambung tak mengalir ke esofagus. 

Namun, pada tubuh seseorang yang mengidap penyakit asam lambung, kinerja LES akan melemah tak seperti sebagaimana mestinya. Akibatnya, LES tak sempurna menutup akses antara esofagus dan lambung, sehingga menyebabkan isi lambung mengalir kembali ke esofagus. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan penderita asam lambung merasa nyeri di ulu hatinya.

Baca juga: Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menjaga Kesehatan Mata hingga Jantung

Gejala yang Ditimbulkan oleh Penyakit Asam Lambung

Tak sedikit orang yang salah menafsirkan nyeri di ulu hati karena naiknya asam lambung, sebagai gejala gangguan pada jantung atau serangan jantung. Maka dari itu, akan lebih baik jika lebih banyak orang mengetahui gejala lain dari gangguan asam lambung, sehingga mudah membedakannya dengan penyakit lain. Berikut adalah gejala dari gangguan asam lambung tersebut.

1. Rasa panas terbakar di ulu hati yang umumnya terasa setelah makan, yang kemudian makin parah terasa pada malam hari. 

2. Sakit di bagian dada

3. Mual

4. Bau napas tak sedap

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved