Breaking News:

Menu Diet

Menghindari Makan Malam Dapat Turunkan Berat Badan? Ini Mitos Soal Makan Malam yang Bisa Menyesatkan

Menghindari makan malam untuk menurunkan berat badan ternyata merupakan anggapan yang salah kaprah. Simak penjelasannya berikut ini.

Editor: Ficca Ayu Saraswaty
Pixabay
Ilustrasi diet - Penting diketahui, jika makan malam dihilangkan, kemudian menggantinya dengan makanan ringan untuk menahan lapar dan makanan ringan yang disantap mengandung kalori tinggi, maka berat badan tetap tidak akan turun. 

TRIBUNJATIM.COM - Berbagai cara dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan.

Satu di antaranya yakni dengan menjalankan program diet.

Ada yang melakukan diet dengan cara menghindari makan malam.

Hal ini dikarenakan mereka takut gemuk jika masih menyantap makan malam.

Ternyata menghindari makan malam karena takut gemuk itu salah.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Hasil Ampuh dan Lebih Sehat, Perhatikan Tingkat Stres

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet (Pixabay)

Kelly Brownell, PhD, Direktur Pusat Kelainan Pola Makan dan Berat Badan di Yale Center, AS, menyebutkan, saat kita menjalani program diet, menghindari makan malam untuk menurunkan berat badan merupakan anggapan yang salah kaprah.

Penting diketahui, jika makan malam dihilangkan, kemudian menggantinya dengan makanan ringan untuk menahan lapar dan makanan ringan yang disantap mengandung kalori tinggi, maka berat badan tetap tidak akan turun.

"Rasa lapar yang muncul akibat tidak makan malam dapat mengganggu tidur kamu. Kadangkala yang terjadi adalah makan malam dilewati, namun akhirnya tengah malam terbangun karena lapar dan mengudap makanan yang tidak seharusnya dimakan, seperti kue, biskuit, bahkan mie instan. Jika sudah begini bobot tubuh justru melambung," kata Brownell.

Baca juga: Cara Membuat Gula Merah Efektif untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Cuma Pakai 3 Bahan Saja

Kebiasaan tidak makan malam juga bisa berakibat munculnya keluhan tubuh tidak nyaman, lapar, atau bahkan gangguan lambung (maag).

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk makan malam? Jam berapa Anda sebaiknya makan malam tidak bisa dipastikan dengan pasti.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved