Berita Malang

H+6 Lebaran 2022, Ribuan Pemudik Balik Lewat Stasiun Malang, Didominasi Penumpang Tujuan Ini

Memasuki akhir masa libur Lebaran atau tepatnya H+6 Lebaran 2022, ribuan pemudik mulai tinggalkan Kota Malang lewat Stasiun Malang, Minggu (8/5/2022).

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
Tribun Jatim Network/Rifki Edgar
Stasiun Malang, Sabtu (3/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Memasuki akhir masa libur Lebaran atau tepatnya H+6 Lebaran 2022, ribuan pemudik mulai tinggalkan Kota Malang lewat Stasiun Malang, Minggu (8/5/2022).

Tercatat, ada sebanyak 1.951 penumpang Kereta Api (KA) Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Malang. Dan sebagian besar yang balik dari Stasiun Malang, merupakan penumpang tujuan Jakarta.

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, 1.951 penumpang tersebut terdata menaiki kereta jarak jauh dari Stasiun Malang pada Minggu (8/5/2022) sampai dengan pukul 09.16 WIB.

"Sampai dengan saat ini, jumlah penumpang kereta jarak jauh yang naik dari Stasiun Malang mencapai 1.951 orang. Mayoritas penumpang, didominasi tujuan Jakarta," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Pria Berbobot 275 Kg di Malang Alami Hal Tak Terduga saat Naik Lift, Butuh 12 Orang Lakukan Evakuasi

Baca juga: Wisatawan yang Datang ke Kota Batu Mulai Menurun, Sejumlah Destinasi Lewati Masa Puncak Kunjungan

Lalu, untuk penumpang KA Jarak Jauh yang turun di Stasiun Malang pada H+6 Lebaran ini, mencapai 3.096 orang.

Dirinya juga memprediksi, puncak arus balik mudik Lebaran terjadi hingga Senin (9/5/2022).

"Karena dari prediksi kami, jumlah okupansi penumpang KA Jarak Jauh pada Senin (9/5/2022) besok, kurang lebih sama dengan hari ini," tambahnya.

Luqman pun menuturkan, bahwa tidak terjadi lonjakan penumpang KA Jarak Jauh yang signifikan di Stasiun Malang pada masa arus balik Lebaran 2022.

"Pada arus balik, penumpang yang berangkat sejak H+1 hingga hari ini, tidak ada perbedaan yang signifikan. Hal itu dikarenakan masa libur yang panjang. Jadi, masyarakat bisa leluasa memilih perjalanan untuk balik.

"Berbeda halnya dengan arus mudik kemarin. Karena dari data yang kami miliki, terdapat kenaikan jumlah penumpang KA Jarak Jauh yang cukup tinggi pada tanggal 29 dan 30 April 2022," bebernya.

Dirinya pun menerangkan, ada tujuh KA Jarak Jauh yang berangkat dan tiba di Stasiun Malang.

"Yaitu, KA Tawang Alun (Malang - Ketapang), KA Kertanegara (Malang - Yogyakarta - Purwokerto), KA Matarmaja (Malang - Pasar Senen),  KA Jayabaya (Malang - Surabaya - Pasar Senen), KA Gajayana (Malang - Gambir), KA Brawijaya (Malang - Gambir), dan KA Malabar (Malang - Bandung)," ungkapnya.

Luqman juga menambahkan, bagi penumpang KA Jarak Jauh, wajib mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Yaitu memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak. Serta mematuhi aturan yang ada pada SE Kemenhub No 49 Tahun 2022, tentang syarat lengkap melakukan perjalanan dengan KA di masa Angkutan Lebaran 2022," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved