Breaking News:

Ramadan 2021

Salat Id 1442 H Boleh Digelar di Masjid dan Lapangan Terbuka, Begini Tanggapan Dinkes Kota Malang

Salat Idul Fitri 1442 H boleh digelar di masjid dan lapangan terbuka. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang tunggu instruksi Ketua Satgas Covid-19.

TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif. 

Reporter: Kukuh Kurniawan | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Menteri Agama telah memperbolehkan salat Idul Fitri (Salat Id) digelar di masjid dan lapangan terbuka.

Hal itu telah tercantum di dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Perubahan SE Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadan Dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah / 2021.

Munculnya SE tersebut, disambut secara positif oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang.

Namun meski SE Menteri Agama terkait salat Idul Fitri 1442 H telah muncul, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang masih menunggu instruksi lebih lanjut.

Baca juga: MUI Kota Malang Izinkan Salat Idul Fitri 1442 H Digelar di Masjid: Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

"Kami masih menunggu instruksi dari Ketua Satgas Covid-19 Kota Malang. Mungkin masih dikoordinasikan, dan kami belum mendapatkan informasi pelaksanaan Salat Id berdasarkan SE Menteri Agama tersebut. Tetapi di SE Wali Kota Malang (SE Wali Kota Malang No 14 Tahun 2021), mungkin sudah tercakup untuk kegiatan keagamaan itu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif kepada TribunJatim.com, Selasa (4/5/2021).

Tetapi dirinya menjelaskan, apabila Ketua Satgas Covid 19 Kota Malang telah memberikan lampu hijau bagi pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H di masjid.

Maka, pihaknya akan langsung melakukan pengecekan kesiapan masjid yang menyelenggarakan Salat Id.

Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Warga yang Pulang Kampung ke Kota Malang Wajib Lapor ke RT/RW

"Kami akan melihat persiapannya, tentunya tidak semua masjid, karena jumlah masjid di Kota Malang cukup banyak. Mungkin masjid yang jemaahnya banyak, itu nanti kami bersama dengan tim Satgas Covid akan memeriksa sarana dan prasarananya dalam mempersiapkan Salat Id," jelasnya.

Disinggung mengenai apakah dengan diperbolehkannya kegiatan Salat Id di masjid, dapat berpotensi menjadi kluster baru penyebaran Covid 19. Dirinya menaggapi singkat.

"Kami tunggu instruksi dari Ketua Satgas Covid 19 Kota Malang," tandasnya.

Berita tentang Idul Fitri 1442 H

Berita tentang Kota Malang

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved