Ingin Libatkan Ulama Jaga Kebersihan Brantas, Wali Kota Batu: Keluarkan Fatwa Tidak Buang Pampers

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ingin para tokoh agama terlibat aktif dalam upaya melindungi daerah aliran sungai (DAS) Brantas dari sampah.

Ingin Libatkan Ulama Jaga Kebersihan Brantas, Wali Kota Batu: Keluarkan Fatwa Tidak Buang Pampers
TRIBUNJATIM.COM/Benni Indo
Dari kanan: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar saat menanam pohon Makadamia dalam acara Gerakan Nasional Pemulihan DAS yang diselenggarakan di oro-oro Ombo, Kota Batu, Kamis (5/12/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, BATUWali Kota Batu Dewanti Rumpoko ingin para tokoh agama terlibat aktif dalam upaya melindungi daerah aliran sungai (DAS) Brantas dari sampah, khususnya sampah popok.

Hal itu dikatakan Dewanti di hadapan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Gerakaan Nasional Pemulihan (GNP) DAS yang diselenggarakan di Oro-Oro Ombo Kota Batu, Kamis (5/12/2019).

Nadiem Makarim Kaji Penerapan SKS SMK, Ketua Dewan Pendidikan Jatim: Butuh Road Map Nasional

“Setiap minggu, alhamdulillah masih banyak ditemukan pampers. Saya juga heran pampers kok dibuang. Saya ingin menggandeng ulama untuk bisa mengeluarkan fatwa agar tidak membuang pampers,”kata Dewanti, Kamis (5/12/2019).

Di sisi lain, Dewanti juga memaparkan bahwa masyarakat Kota Batu telah memiliki kepedulian untuk menjaga Brantas tetap bersih.

Lucinta Luna Jadi Pria Lagi, Angkati Kardus & Hampir Tonjok Satpam, Ada yang Takut Dengar Suaranya

Reaksi Para Artis Lihat Penampilan Beda Ashanty & Curhatan Soal Penyakit, Kiki Amalia Paling Ngena

Salah satunya adanya Sabers Pungli yang rutin menggelar kegiatan sosial membersihkan sungai.

Dewanti pun mengajak agar kepala daerah yang wilayahnya dilalui Sungai Brantas ikut serta memiliki gerakan untuk membersihkan Brantas.

“Sungai yang bersih adalah impian kami. Saya berterima kasih kepada Sabers Pungli yang sudah bergerak dari hulu sampai ujung. Kami ingin kota yang dilalui Brantas juga memiliki gerakkan untuk sama-sama melindungi Brantas,” paparnya.

VIRAL Spotify Wrapped 2019, Simak Cara Lihat di HP, Terbaru Ada Fitur Podcast Paling Sering Didengar

Ditempeli Stiker Keluarga Miskin di Depan Rumah, 18 Warga Desa Sekapuk Undur Diri Dari PKH

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, memimpin langsung puncak acara GNP DAS 2019 itu.

GNP DAS merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian LHK bersama masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan hutan dan lahan untuk penyelamatan sumber daya air, produktivitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi.

Reaksi Para Artis Lihat Penampilan Beda Ashanty & Curhatan Soal Penyakit, Kiki Amalia Paling Ngena

Menang Dari UPI, Tim Futsal Putri UNJ Ukir Sejarah dalam LIMA Futsal Nationals Season 7

Dijelaskan Siti, GNP DAS merupakan pengembangan atas agenda tahunan penanaman pohon pada kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

“Semangat GNP DAS sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa penanganan wilayah kritis harus dilakukan secara komprehensif dengan prinsip keterpaduan pekerjaan penanaman, sipil teknis, dan teknik pembibitan, serta mengaktifkan semua elemen dan partisipasi masyarakat,” papar Siti.

UPDATE Penemuan Mayat Perempuan Membusuk Dalam Kamar Kos Pria di Gresik, Polisi Temukan Penghuni Kos

Angin Kencang Sapu Sebagian Wilayah Magetan, 44 Rumah di 7 RT Rusak

Peringatan GNPDAS tahun 2019 ini berlangsung dari tanggal 4 hingga 5 Desember 2019. Desa Oro-oro Ombo dipilih sebagai lokasi puncak peringatan karena memiliki kisah sukses dalam upaya pelestarian sumber daya alam.

Wilayah ini merupakan bagian dari hulu DAS Brantas yang termasuk dalam 15 DAS Prioritas Nasional, serta berbatasan langsung dengan kawasan Hutan Lindung Panderman. (Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved